DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Luncurkan Aplikasi Rumah Belajar, Kemendikbud Berikan Bantuan Komputer

Nganjuk, megapos.co.id – Sebagai upaya mengikuti perkembangan jaman cara belajar kaum milineal yang berbasis elektronik, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud baru-baru ini meluncurkan aplikasi atau website Rumah Belajar.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Mokhamad Yasin MSi melalui Kabid Dikdas, Drs Suroto MM, mengatakan, untuk mendukung program pemerintah tersebut, Kemendikbud memberikan bantuan kepada SDN  Kwagean 1 dan SDN Kwagean 2 yaitu masing-masing berupa 4 unit komputer dan 1 perangkat LCD.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, Ph.D., didampingi Kepala Pustekkom Gogot Suharwoto, Ph.D di SDN Kwagean 1 Kecamatan Loceret.

“Bantuan ini dimaksudkan dalam rangka penguatan belajar IT bagi siswa siswi dan guru agar bisa mengakses program Rumah Belajar yang diluncurkan Pustekkom Kemendikbud,” kata Suroto di ruang kerjanya, Senin (4/2/2019) .

Bantuan ini, lanjutnya, sebagai stimulan untuk merangsang peserta didik dan pendidik untuk memanfaatkan aplikasi Rumah Belajar.

Diakui Suroto, saat ini, aplikasi Rumah Belajar baru disosialisasikan di dua SD yaitu SDN Kwagean 1 dan SDN Kwagean 2. “Untuk usulan pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan Pustekkom akan mensosialisasikan program Rumah Belajar ke 100 SD yang ada di Kabupaten Nganjuk dan 54 SMP,” ungkapnya.

Dengan adanya website Rumah Belajar, lanjutnya, tentu akan mempermudah akses dimana pun dan kapan pun. Bahkan melalui ponsel serta smartphone siswa sudah bisa langsung mempelajari materi, soal-soal dan video belajar yang komplit,” tambahnya.

Namun demikian, ia menghimbau kepada seluruh orang tua untuk tetap mendampingi dan memantau putra putrinya saat menggunakan ponsel. “Karena selain dampak positif yang ditimbulkan dalam mengakses berbagai website, namun tidak sedikit juga website yang menimbulkan dampak negatif bagi generasi muda,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rumah Belajar dapat diakses secara gratis di belajar.kemdikbud.go.id. Ada delapan fitur utama, yaitu: Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Kelas Maya. Adapula tiga fitur pendukung, yaitu: Karya Komunitas, Karya Guru serta Karya Bahasa dan Sastra.

Ke depannya, website Rumah Belajar ini diharapkan menjadi salah satu website pembelajaran masa depan yang menjadi rujukan siswa siswi seluruh Indonesia dan seluruh Guru dapat berinteraksi saling bertukar pengetahuan, keterampilan dan pembelajaran.

Reporter : Jumiati

Editor : M Hartono