DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Pilkades Serentak Segera Digelar di Tulungagung

Tulungagung, megapos.co.id – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tulungagung tahun 2019 segera dilaksanakan. Rencananya, pilkades serentak akan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga September tahun 2019.

Adapun persiapannya, sudah jauh-jauh hari sebelum hari pencoblosan. Antara lain, persiapan penjaringan anggaran dan lain-lain.

“Tahapan demi tahapan sudah dilalui, termasuk anggaran sudah disiapkan. Baik dana cadangan maupun kondisi wilayah pada saat pelaksanaannya nanti,” kata Yudi Irwanto Kasubag Aparatur Pemerintahan Kabupaten Tulungagung, Kamis (1/3/2019) kepada awak media.

Dijelaskan, kepala desa yang masa jabatannya habis pada tahun 2020, diajukan pelaksanaannya di tahun 2019 ini. “Empat desa yang mengajukan pilkades serentak tahun 2019, yakni Desa Panggungrejo Kecamatan Kauman, Desa Suwaru Kecamatan Bandung, Desa Tanen dan Desa Buntaran Kecamatan Rejotangan,” bebernya.

Yudi menambahkan, pembiayaan pilkades serentak tahun 2019 sudah dipersiapkan sejak tahun 2014 lalu, dengan biaya kurang lebih Rp 12 miliar yang diambilkan dari dana cadangan APBD.

“Sedangkan jumlah desa yang melaksanakan pilkades serentak sebanyak 234 desa, ditambah 4 desa yang diajukan, menjadi 239 desa,” tandasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor      : M. Hartono