DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Purna Widya Siswa Kelas XII SMKN 1 Nganjuk, Satukan Tekad Menuju Kesuksesan

Nganjuk, megapos.co.id – Usai menuntaskan pendidikan selama tiga tahun dan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMK Negeri 1 Nganjuk menggelar acara Purna Widya Siswa Kelas XII tahun ajaran 2018/2019. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini digelar di Gedung Wanita, Nganjuk, Kamis (18/4/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk Edy Sukarno, koordinator pengawas SMK Drs Dani Hendarto MM, Ketua Komite, jajaran pendidik dan tenaga pendidik dan seluruh siswa siswi serta wali murid SMKN 1 Nganjuk.

Acara diawali dengan pembukaan, sambutan ketua panitia, prosesi pelepasan dilanjutkan sambutan kepala SMK Negeri 1 Nganjuk.

Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd saat memberikan penghargaan kepada siswi berprestasi

Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menggelar acara kegialan hari ini dengan sukses dan lancar. “Kita juga sampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran komite sekolah, bapak ibu wali murid dan anak-anakku atas kerjasamanya selama ini sehingga visi dan misi sekolah bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Heru.

Dalam kesempatan itu, Heru berpesan kepada seluruh siswa siswi SMK Negeri 1 Nganjuk untuk terus belajar dan berkarya. “Satukan tekad menuju kesuksesan,” tegasnya. Menurutnya, kesuksesan anak di dalam pendidikan tidak hanya didapat di bangku sekolah, akan tetapi juga harus diimbangi dengan pendidikan di lingkungan keluarga.

Prosesi wisuda siswa siswi kelas XII yang ditandai dengan pengalungan tanda widya purna sebagai simbol bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun

Karena itulah, kata Heru, ilmu menjadi kunci utama bagi masa depan generasi muda untuk mencapai suatu kesuksesan. “Bagi anak-anakku yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, semoga kalian bisa diterima di perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan potensi kalian,” tandasnya.

“Dan untuk anak-anakku yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dan langsung kerja, semoga kalian bisa sukses di dunia kerja dan berwirausaha,” harapnya.

Diakuinya, bahwa terdapat 18 anak didiknya yang sudah mengikuti seleksi dan diterima di perguruan tinggi. Selain itu, ada 68 anak yang juga diterima untuk bekerja di perusahaan baik yang ada di Kabupaten Nganjuk maupun kota-kota besar lainnya.

Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk Drs Heru Hertanto (kiri) dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Edy Sukarno (kanan) foto bersama siswa ADEM dari Papua

Sementara itu, Ketua Panitia Joni Wijayanto SPd MSi menambahkan bahwa kegiatan Purna Widya Siswa Kelas XII SMKN 1 Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 ini mengambil tema ‘The  Majestic of Java’. “Acara ini diikuti 494 siswa siswi kelas XII dari 9 program keahlian yaitu Geomatika, Multimedia, Teknik Audio Video, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Pemesinan dan Teknik Sepeda Motor,” terang Joni.

Diakuinya bahwa puncak rangkaian kegiatan hari ini adalah wisuda siswa siswi kelas XII yang ditandai dengan pengalungan tanda widya purna sebagai simbol bahwa mereka telah menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun. Dalam acara purna widya ini juga disampaikan penghargaan atau reward terhadap siswa-siswi berprestasi sebagai bentuk penghargaan dan motivasi.

Reporter : Jumiati