DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

PDI Perjuangan Tetap Pimpin DPRD Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Pasca rekapitulasi KPU Kabupaten Nganjuk beberapa hari yang lalu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sudah bisa diketahui memperoleh jumlah kursi terbanyak, sehingga bisa dipastikan PDI Perjuangan tetap memimpin DPRD Kabupaten Nganjuk.

Perlu diketahui Pada Pileg 2014 yang lalu PDI Perjuangan memperoleh 11 kursi dari 45 kursi yang ada, sedangkan pada Pileg 2019 ini PDI Perjuangan meraup 13 kursi dari 50 kursi yang ada.

Bappilu DPC PDI Perjuangan Hurip Budi Karyo Cahyono, SIP mengatakan bahwa fakta itu akan menjadikan kursi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk tetep dalam genggaman.  “Untuk kursi Ketua DPRD tetap diraih PDI Perjuangan berdasarkan aturan suara terbesar akan mendapatkan hak kursi ketua Dewan,” jelasnya.

Hal ini Persis seperti yang terjadi pada Pileg sebelum-sebelumnya, dimana PDI Perjuangan selalu mendapatkan suara terbanyak. “Sejak Pileg 1999 PDI Perjuangan selalu meraup suara terbanyak, apalagi untuk periode ini malah kita menambah 2 kursi,” tambah Yon.

Dengan perolehan Pileg tersebut, katanya, Partai dengan gambar banteng moncong  putih ini tetap mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk. Dengan demikian otomatis Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk yang akan ditunjuk untuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk periode 2019 – 2024 yang pada periode 2014 – 2019 sebelumnya dijabat Drs Puji Santoso yang juga pada waktu itu sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk.

Tetapi, lanjutnya, semua itu akan dikembalikan ke Partai yang mempunyai wewenang untuk memutuskan siapa yang ditunjuk untuk menempati ketua DPRD. “Berdasarkan aturan dan etika fatsun politik itu wewenang partai. Keputusan partai itulah nantinya yang akan dijalankan,” pungkasnya.

Reporter : Wahyu Endyk

Editor : M. Hartono