DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Apel Konsolidasi Pasca Pilkades Serentak Tahun 2019

Tulungagung, megapos.co.id – Apel giat konsolidasi pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 dilaksanakan di halaman GOR Lembupeteng, Rabu (10/7/2019).

Apel giat konsolidasi dihadiri oleh Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Dandim 0807/Tulungagung Letkol. Inf. Wildan Bahctiar, Kapolres Tulungagung Tofik Sukendar, Forkopimda, Camat, Kapolsek, Danramil serta Linmas.

Dalam paparannya, Kapolres Tulungagung Tofik Sukendar mengatakan, Polres Tulungagung bersama Dandim 0807/Tulungagung beserta jajarananya, Camat, serta Linmas melaksanakan apel konsolidasi pengamanan pilkades serentak tanggal 9 Juli tahun 2019 kemarin.

“Kata-kata pertama yang saya ucapkan adalah alhamdulillahi robbil alamin, karena yang kita lakukan beberapa bulan yang lalu sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan kita semuanya,” ucap Kapolres Tulungagung Tofik Sukendar, Rabu (10/7/2019).

Ia menambahkan, dari 239 Desa di Kabupaten Tulungagung yang melaksanakan Pilkades serentak semua berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

Namun demikian, kata Kapolres, ada beberapa warga yang diamankan di Polsek maupun Polres, itu semua bagian dari pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

Dari beberapa pemeriksaan  pengambilan keterangan yang dilakukan oleh penyidik Satreskrim Polres Tulungagung, semuanya tidak memenuhi unsur, sehingga yang bersangkutan dikembalikan ke keluarganya.

 “Mereka semua dikembalikan ke keluarganya. Artinya, sejumlah 239 Desa yang melakasankan Pilkades serentak berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif,” terang Tofik.

Tofik menambahkan, meskipun diwilayah selatan tepatnya di Kecamatan Besuki ada beberapa warga yang tidak menerima hasil keputusan Pilkades.

“Alhamdulillah bisa ditindaklanjuti dengan baik, dan semuanya dinyatakan sudah selesai  dengan aman, damai dan kondusif,” bebernya.

Sementara itu, Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan, sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa Kabupaten Tulungagung sudah melaksanakan Pilkades serentak tahun 2019.

“Ucapan terima kasih kepada Kapolres Tulungagung, Dandim 0807/Tulungagung, baik dari intern maupun dari luar (Yonif 511 dan Brimob Polda Jatim) yang telah ikut mengamankan jalannya Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Tulungagung dengan lancar, aman, damai dan kondusif,” ujar Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Rabu (10/7/2019).

Oleh karena itu, lanjut Maryoto, Pemkab Tulungagung yang mempunyai hajat dan seluruh jajaran pelaksana Pilkades serentak tahun 2019, tiada kata lain yang bisa disampaikan kecuali ucapan terimakasih. Dan tentunya dapat dilihat bersama bahwa hasil Pilkades serentak ini sudah masuk dilaporan Pemkab Tulungagung.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Tulungagung yang telah datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya dengan ikhlas, mereka sadar sebagai warna negara yang baik untuk memberikan dukungan terhadap program pemerintah dalam memilih pemimpin ditingkat desa yang baik dalam ikut mensukseskan pemerintahan,” ungkapnya.

“Partisipasi masyarakat cukup besar, 80 hingga 90 persen hadir dalam memberikan hak suaranya. Hal ini sudah melampaui target, dilihat dari pengalaman Pilkades pada sebelumnya,” jelas Maryoto.

Pemkab Tulungagung memberikan waktu 2 kali 24 jam kepada cakades untuk memberikan sanggahan atau gugatan, dan apabila dalam waktu yang telah ditentukan tidak ada gugatan, maka calon terpilih dinyatakan sah.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor : M. Hartono