DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Plt Bupati Maryoto Menerima Kunjungan Kerja Bupati Malang

Tulungagung, megapos.co.id  – Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menerima kunjungan kerja (Kunker) Bupati malang HM. Sanusi dalam rangka studi replikasi ke RSUD dr. Iskak Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (11/7/2019).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Malang HM. Sanusi beserta rombongan datang ke Tulungagung.

“Kedatangan Bupati Malang HM. Sanusi ke Tulungagung dalam rangka studi replikasi tentang pola pelayanan, promosi kesehatan, dan manajemen RSUD dr. Iskak Tulungagung,” ucap Plt. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kamis (11/7/2019).

Ia menambahkan, RSUD dr. Iskak merupakan kebanggaan Pemkab. Tulungagung. Karena RS ini tidak hanya dikenal oleh warga masyarakat Tulungagung saja.

“RSUD dr. Iskak Tulungagung ini juga dikenal diwilayah regional, nasional bahkan diakui internasional,” bebernya.

Pengelolaan RSUD dr. Iskak Tulungagung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, itu semua tidak terlepas dari semangat dan komitmen yang sinergis antara Pemkab. Tulungagung dengan Direktur RSUD dr. Iskak beserta jajarannya, dalam mewujudkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara maksimal.

“Sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang semakin canggih, dan didukung dengan bertambahnya jumlah dan diversifikasikan, kompetensikan, dan tenaga medis spesialis mampu menjadikan RSUD menjadi RSUD favorit,” jelas Maryoto.

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan, pelayanan RSUD dr. Iskak Tulungagung  ini nantinya akan diterapkan di RSUD di Malang secara bertahap. “Kalau sekaligus, sepertinya belum tersedia sarana dan prasarana, karena masih tipe B pelayanan paripurna,” kata Bupati Malang HM. Sanusi, Kamis (11/7/219).

“Dari pelayanan emergency nya, medisnya, kecepatan menangani pasien, ketersediaan tenaga medisnya. Dan nanti kita tata kedepannya,” ujarnya.

Dari segi kebersihan kalah, segi pelayanan kalah, segi pendapatan masih jauh dengan yang disini (RSUD) dr. Iskak Tulungagung.

“Setelah ini, pihaknya akan mengadakan studi banding pertama untuk pengembangan Rumah Sakit di Malang, dan RS di Malang sudah BLUD dengan pendapatan 100 Milyard dengan keuntungan kisaran 10 sampai 15 Milyard  ditahun 2018,” katanya.

Sepulangnya dari Tulungagung, lanjut Sanusi, pihaknya akan memetakan potensi dulu, apa yang bisa ditingkatkan, SDM nya dibina, baru nanti pelayanannya dipublikasikan, dengan harapan bisa menjadi RS rujukan.

“Kalau memang perlu, saya akan bekerjasama dengan Plt. Bupati Tulungagung, membuat MoU dalam rangka pengelolaan dan peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” tandasnya.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor : M. Hartono