DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Tingkatkan Pengetahuan Konsumsi B2SA Melalui Lomba Cipta Menu B2SA

Nganjuk, megapos.co.id – Untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku dan pemikiran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA Paket Luncbox dan Gebyar Produk Pangan Olahan Tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di halaman Pendopo Kabupaten Nganjuk, Rabu (7/8/2019) ini dibuka langsung oleh Plt Sekda Nganjuk, Ir Fajar Judiono MSi. Acara tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk Hj Yuni Rahma Hidayat, Camat se Kabupaten Nganjuk, Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan, dan ketua Dharma Wanita Persatuan unit badan/dinas.

Menurut Fajar, lomba ini juga bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan ide-ide kreativitas masyarakat khususnya dalam memilih dan menentukan menu B2SA sesuai kemampuan yang berpotensi sumber daya lokal dengan memanfaatkan potensi pangan guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.

Pelepasan balon oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Hj Yuni Rahma Hidayat

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu bersinergi dengan pola konsumsi dan pola pangan dalam gerakan pengentasan gizi buruk (Gentazibu) dan Nganjuk Sehat sehingga pengetahuan tentang penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal semakin meningkat di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Diakui Fajar, konsumsi sumber karbohidrat yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat, sehingga perlu upaya merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi B2SA.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Drh Budi Sutjahyono SH menambahkan, kegiatan lomba ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari Dharma Wanita OPD se Kaupaten Nganjuk, Tim Penggerak Kecamatan se Kabupaten Nganjuk, dan SMK Negeri/Swasta Jurusan Tata Boga.

Selain itu, katanya, peserta gebyar produk pangan olahan diikuti 50 peserta terdiri dari usaha mikro kecil dan menengah Kabupaten Nganjuk. “Untuk tim juri lomba berasal dari ahli gizi dari RSUD Nganjuk, ahli tata boga Kabupaten Nganjuk dan chef dari Kediri,” pungkasnya.

Pantauan megapos.co.id, usai pembukaan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk Hj Yuni Rahma Hidayat didampingi Plt Sekda Nganjuk dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nganjuk melepas balon dan dilanjutkan meninjau stand lomba cipta menu.

Editor : Jumiati