BanyuwangiDaerahHead Line NewsPendidikan

Hari Raya Kurban, SMAN 1 Banyuwangi Sembelih 4 Sapi dan 5 Kambing

Banyuwangi, megapos.co.id – Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H sudah tiba, banyak dari kalangan istansi pemerintah maupun swasta dan pengusaha melaksanakan kurban.

Tidak halnya istansi, di kalangan pendidikanpun ikut merayakan Hari Raya Idul Adha, seperti di SMAN 1 Banyuwangi.

Sekolah yang terletak di jantung kota ini melaksanakan kurban dengan memotong 4 ekor Sapi dan 5 ekor kambing bertema “OSIS Pramadhita Berbagi”, Minggu (11/8).

Kepala Sekolah SMAN 1 Banyuwangi, Drs H Sudiwinoto MSi menjelaskan pihaknya sengaja menggunakan besek untuk membungkus daging kurban, kerena kalau kalau menggunakan plastik sangat berbahaya (Zero Plastick). Dan ini bukan hanya program pemerintah, ini juga program kita sebelumnya yang ada di sekolah.

“Dan tahun ini ada peningkatan, jika tahun kemarin menyembelih 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing dan tahun ini kita menyembelih 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing,” ungkap Sudiwinoto.

“Pembagian daging kurban kita utamakan kepada siswa siswi yang tidak mampu, anak yatim yang berada di  lingkungan sekolah serta kita bagikan juga kepada warga kaum dhuafa di sekitar sekolah,” jelas H Win sapaan akrab Drs H Sudiwinoto MSi.

Sementara itu, Budimulyo selaku ketua Komite SMAN 1 Banyuwangi mengatakan untuk daging hewan kurban rencana dibagikan ke ada siswa yang tidak mampu dan lingkungan setempat. “Dana ini bantuan murni dari siswa tanpa ada tekanan dan tidak diwajibkan. Intinya bagi yang tidak mampu, tidak kita wajibkan,” kata Budi.

Reporter : Budiyono

Editor : M. Hartono