DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Wabup : Jadikan Siswa SMK di Nganjuk Pribadi yang Tangguh

Nganjuk, megapos.co.id – Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, Wakil Bupati Nganjuk, Dr Drs H Marhaen Djumadi SE SH MH MBA menghimbau kepada seluruh tenaga pendidik untuk menjadikan siswa siswi SMK di Kabupaten Nganjuk menjadi pribadi yang tangguh.

Hal ini seperti disampaikan Wabup Marhaen saat memberikan motivasi kepada peserta Workshop Bimbingan Teknik (Bimtek) Bantuan Pengembangan Layanan Bursa Kerja Khusus (BKK) Berbasis Online dan Pemasaran Tamat SMK (Job Matching), Selasa (13/8/2019) di aula SMK Kusuma Negara Kertosono, Nganjuk.

Wabup menegaskan Pemerintah Kabupaten Nganjuk komitmen untuk mencetak generasi emas dan unggul. “Untuk mewujudkan hal tersebut, menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya para tenaga pendidik di dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan bermutu kepada anak didik kita,” ungkapnya.

Wabup Marhaen foto bersama peserta workshop bimtek pengembangan layanan BKK berbasis online

Pendidikan di SMK, kata Wabup, selain pelajaran dan keterampilan, yang paling mendasar adalah atitude atau soft skill yang wajib diberikan kepada anak didik. “Jadi, jangan sekali-kali memberi ancaman atau kekerasan kepada anak didik agar mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi masa depannya. Jadilah guru dan pengelola sekolah sebagai motivator yang ulung bagi anak didik kita,” pesan Wabup.

Sementara itu, Kepala SMK Kusuma Negara Kertosono Kabupaten Nganjuk, Prof Dr Sumarji SP MP mengatakan program BKK Online ini merupakan sarana teknologi informasi online yang mensinergikan antara hasil lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia industri.

“Jadi BKK dapat mengetahui informasi lowongan kerja dari DU/DI dan dapat menghubungi DU/DI melalui akun sekolah pada aplikasi BKK online jika sesuai kompetensi keterampilan lulusannya,” ungkap Sumarji kepada megapos.co.id.

Menurutnya, kegiatan Workshop Bimtek ini diikuti 50 peserta yang diwakili Ketua BKK/BK dari masing-masing SMK Negeri/Swasta se Kabupaten Nganjuk. “Program aplikasi BKK online ini nantinya akan mempertemukan kebutuhan industri dengan lulusan SMK,” katanya.

Keberhasilan program tersebut, kata Sumarji, tidak lepas karena kepedulian Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam hal ini Wabup terhadap perkembangan pendidikan SMK di Kabupaten Nganjuk. “Selain itu, juga karena dukungan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk sekaligus berkat sinergi dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk yang luar biasa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, acara tersebut juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk Drs Edu Sukarno MMPd, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk Agus Frihannedy MSi, Kepala SMK Kusuma Negara Prof Dr Sumarji SP MP dan diikuti 50 peserta bimtek.

Adapun beberapa materi yang diberikan dalam kegiatan bimtek tersebut, yaitu Penerapan Good Governance dalam Tata Kelola Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Fisik oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, materi Kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan terhadap BKK oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk serta materi Peranan BKK dalam Dunia Kerja dalam menyambut revolusi 4.0 oleh Kepala SMK Kusuma Negara Kertosono.

Editor : Jumiati