DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

BPBD Jombang Siapkan Alat Baru Untuk Menolong Korban Laka dan Bencana Alam

Jombang, megapos.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, dalam memaksimalkan siaga bencana di masyarakat, lakukan pengadaan Cutter dan Spreader.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Abdul Wahab kepada awak media di kantor BPBD Kabupaten Jombang, Senin (2/12/2019).

Lebih lanjut, Abdul Wahab menjelaskan, Cutter merupakan alat pemotong besi berukuran besar, bisa digunakan saat ada kecelakaan lalu lintas posisi korban terjepit sesuatu.

“Sedangkan Spreader, digunakan untuk membuka benda-benda yang terkunci dan diantara benda itu ada cela, sehingga bisa membuka pintu yang tidak bisa terbuka karena terkunci atau rusak, bagasi yang tertindih barang akibat kecelakaan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, dalam keadaan bencana, alat tersebut juga bisa digunakan untuk memotong besi dalam timbunan-timbunan kontruksi (Cor), yang didalamnya ada besi, sehingga eskafator atau alat berat dapat mengangkat timbunan tersebut dengan mudah, dan tenaga ahli di bidang itu juga sudah melalui persiapan sebelumnya.

“Sebelum dioperasionalkan, pihak penyedia sudah melatih, dan juga ada beberapa orang yang sudah kita latih untuk bisa mempraktikkan atau menggunakan alat yang kita beli itu,” ujarnya.

“Harapannya kepada masyarakat, pengadaan alat ini guna semakin maksimalkan siaga bencana di masyarakat, jika terjadi sesuatu yang terkait dengan kecelakaan lalu lintas, atau terkait dengan bencana yang akibatkan keruntuhan bangunan, agar cepat menghubungi kami,” pungkasnya.

Reporter : Wisnu

Editor : M Hartono