DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Tatit Pantau Kerusakan Akibat Banjir di Desa Sekarputih

Nganjuk, megapos.co.id – Tingginya curah hujan yang mengguyur beberapa desa di empat kecamatan beberapa hari belakangan ini, mengakibatkan sejumlah kerusakan.

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono memantau langsung untuk melihat kerusakan yang diakibatkan banjir.

Salah satu titik pantauan yang dilakukan Tatit, yakni kerusakan akibat terdampak banjir di Dusun Rowo Doro, Desa Sekarputih, Kecamatan Bagor. Di desa ini ada plengsengan sungai yang ambrol.

“Ada lima titik plengsengan yang ambrol dihantam derasnya air sungai. Salah satunya di Rowo Doro ini,” jelas Tatit, Jumat (28/2/2020).

Di beberapa titik, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk ini menemukan ada indikasi kurang maksimalnya dalam pelaksanaan awal pembangunan plengsengan tersebut.

Oleh karena itu, Tatit meminta seluruh masyarakat ikut mengawasi pembangunan seperti ini, agar tidak terjadi lagi pada masa yang akan datang.

“Saya berharap peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi proses pembangunannya, biar nantinya tidak merugikan masyarakat,” kata Tatit.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait untuk secepatnya mengambil langkah penanggulangan sementara. “Ini tadi pihak terkait sudah kita koordinasikan untuk segera memasang bronjong maupun kantong-kantong pasir untuk berjaga-jaga bila terjadi banjir susulan,” ujarnya.

Seharusnya, tambah Tatit, kejadian ini tidak perlu terjadi jika pihak-pihak terkait sudah mengantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya.

Kepala Desa Sekarputih yang mendampingi Tatit mengatakan, akibat dampak banjir seperti ini sangat merugikan masyarakat wilayahnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Tatit yang memberikan perhatian dan langsung mengambil tindakan sementara kepada warga Sekar Putih, sehingga tidak banyak korban hewan peliharaan,” pungkasnya.

Reporter : Wahyu Endy

Editor : M Hartono