DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Update Covid-19, Total 8 Pasien Positif di Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Kasus positif terinfeksi virus Corona atau Covid – 19, sampai Kamis (9/4/2020) di wilayah Kabupaten Nganjuk bertambah 1 orang pasien. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Nganjuk kota. Dengan bertambahnya satu pasien tersebut, maka dari data sebelumnya sebanyak 7 orang pasien, kini jumlahnya menjadi 8 orang positif Covid – 19.

“Hari ini ada tambahan 1 pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid – 19 berdasarkan laboratorium swap Surabaya, sehingga pasien positif terinfeksi Covid – 19 menjadi 8 orang,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto saat video conference, Kamis malam (9/4/2020).

Menurut dr Hendriyanto, konfirmasi positif yang kedelapan ini merupakan klaster baru dan tidak ada hubungannya dengan rombongan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI)  atau ketujuh orang yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

“Kronologinya, pada 15 Maret 2020, yang bersangkutan melakukan perjalanan ke tempat wisata Srambang Park Ngawi, kemudian pada 17 Maret 2020, yang bersangkutan mulai merasa tampak gejala batuk dan berlanjut sampai tanggal 25 Maret 2020 batuk belum sembuh, ditambah dengan gejala mual dan muntah,” terangnya.

Kemudian, kata dr Hendriyanto, pada tanggal 25 Maret 2020 itu, pasien masuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk dan selanjutnya pada tanggal 28 Maret 2020 dilakukan rujukan ke Rumah Sakit Sudhono Madiun dan dilakukan pemeriksaan rapid test yang hasilnya positif terinfeksi Covid – 19.

“Kemudian, dilakukan pemeriksaan laboratorium swap yang pertama dilanjutkan swap kedua dan hasilnya baru keluar hari ini dan dinyatakan terkonfirmasi positif,” tegasnya.

Sejak rapid test hasilnya postif, lanjut dr. Hendriyanto, maka langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah seluruh kontak dengan penderita dilakukan isolasi mandiri dan saat ini sudah dilakukan tracing dan didapatkan sebanyak 73 orang.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Nganjuk untuk tetap melakukan isolasi diri, jangan keluar rumah, perilaku hidup yang sehat dan bersih, jaga jarak, jangan bersentuhan, hindari keruman, cuci tangan pakai sabun dan wajib memakai masker,” pungkasnya.

Data yang dihimpun, saat ini, selain 8 pasien positif Covid – 19, terdapat  36 orang dalam pemantauan (ODP) dan  17 pasien dalam pengawasan (PDP).

 

Reporter : Jumiati