DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Sekolah Lapang Iklim, Sadarastuwati : Beri Pemahaman Pentingnya Informasi Iklim Kepada Petani

Nganjuk, megapos.co.id – Hj. Sadarestuwati, SP. M.MA, Anggota Komisi V DPR RI menghadiri Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Propinsi Jawa Timur yang digelar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika di Desa Betet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, Kamis (3/6/2021).

Kehadirannya dalam acara tersebut sekaligus sebagai narasumber untuk membagi pengetahuan seputar iklim kepada petani.

Gerakan literasi iklim untuk petani tersebut bertujuan memberi pemahaman pentingnya informasi iklim dalam mendukung kegiatan pertanian di Idonesia.

Dalam kesempatan itu, Sadarestuwati mengatakan, perkiraan musim sangat penting bagi petani karena dapat dijadikan pedoman dalam rencana tanam musiman.

“Informasi awal musim akan membantu petani untuk merencanakan kegiatan jadwal tanam yang sesuai,” ungkap kata Mbak Estu sapaan akrab Sadarestu.

Selain itu, katanya, prakiraan sifat hujan semusim dalam bentuk probabilitas curah hujan yang jauh dari tiga kategori yaitu atas Norma, Normal dan Bawah Normal akan membantu petani untuk mengembangkan komoditas tanaman yang sesuai dengan kondisi.

“SLI ini sangat penting untuk diketahui oleh para Penyuluh Pertanian, Petugas POPT dan Kelompok Tani,” imbuh Mbam Estu.

Menurutnya, SLI ini juga untuk meningkatkan sumber daya manusia petani yang selama ini petani tidak bisa memperkirakan cuaca.

“Membaca tanda-tanda alam yang sekarang sudah sulit untuk kita jadikan patokan maka dari itu perlu ada sekolah lapang iklim agar petani bisa mendapatkan data mendapatkan informasi prakiraan cuaca harian,” tukasnya.

Dengan begitu, lanjut Estu, petani bisa menjadikan itu sebagai pedoman untuk bisa menentukan kapan memulai menanam tanaman apa yang harus ditanam.

“Maka dari itu, apabila berpedoman pada perkiraan cuaca yang selalu di-update oleh BMKG maka insyaallah petani kita nggak akan salah dalam mengambil keputusan,” tambahnya.

“Sehingga, harapan menjadi penopang kebutuhan pangan khususnya masyarakat Jawa Timur dan tentunya secara umum adalah rakyat Indonesia bisa terwujud,” pungkas Mbak Estu yang uga Wasekjen DPP PDI Perjuangan.

Tampak hadir mendampingi dalam acara ini, Ida Bagus Nugroho Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono S.Sos serta Marianto S.Sos M.AP Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Jumiati