DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Tinjau Pengoperasian Aplikasi Silacak, Ketua DPRD Nganjuk : Panglima TNI Puas Kinerja Petugas Tracer

Nganjuk, megapos.co.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si., meninjau kesiapan petugas dalam penyiapan dan pengoperasian aplikasi “Silacak” di Puskesmas Sukomoro Kabupaten Nganjuk, Minggu (1/8/2021).

Kedatangan Panglima TNI dan rombongan untuk mengecek dan melihat secara langsung kesiapan petugas yang akan menggunakan aplikasi Silacak. Para Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga yang akan bertugas di lapangan menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan aplikasi Silacak dengan mempraktikkan secara langsung di hadapan Panglima TNI.

Bupati Nganjuk, Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, yang ikut menyambut dan mendampingi Panglima TNI mengatakan, kedatangan Panglima TNI adalah untuk memastikan kesiapan aplikasi Silacak dalam penanganan Covid-19.

“Kedatangan Panglima TNI terkait kesiapan penanganan Covid-19 dengan cara tracing sesuai dengan aplikasi diterapkan. Tadi sudah diterangkan oleh para bidan maupun para tracer dari TNI melalui babinsa,” ujar Bupati Marhaen.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono menjelaskan, Panglima TNI merasa puas atas kinerja dan penjelasan para tracer yang akan turun di lapangan.

“Alhamdulillah beliau sangat puas atas penjelasan para tracer maupun bidan yang akan turun langsung pada masyarakat. Kami sampaikan terima kasih kepada Plt. Bupati Nganjuk, Bapak Dandim , Bapak Kapolres Bapak serta Bapak Kajari yang selalu Nyawiji Guyub Rukun Sae Jaya Abadi. Semua kompak bahu-membahu dalam menyukseskan acara vaksinasi ini,” kata Tatit Heru Tjahjono S.Sos.

Sementara itu, Panglima TNI yang sebelumnya juga mengunjungi di Wilayah Malang menjelaskan bahwa laptop yang diberikan kepada para Babinsa yang menjadi tenaga Tracer dengan dilengkapi aplikasi Silacak.

“Semoga bantuan laptop ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sini untuk memonitoring pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Panglima TNI juga mengapresiasi kesiapan petugas dan relawan yang telah menunjukan kemampuannya dalam penggunaan aplikasi Silacak.

“Saya melihat para petugas sudah memahami tugasnya, sehingga diharapkan dengan kesiapan para petugas lapangan dapat mempercepat memutus mata rantai Covid-19 dan pandemi ini segera berkahir,” harapnya. 

Reporter : Jumiati