DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMPN 3 Nganjuk, Gali Bakat dan Minat Siswa dengan Ekstrakurikuler

Nganjuk, Mega Pos – Setiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, yang harus dikembangkan. Untuk itu, SMPN 3 Nganjuk akan menggali bakat dan minat siswa untuk mencapai prestasi. Salah satu caranya dengan menggiatkan ekstrakurikuler.

Dian Lipursari Wakil Kepala SMPN 3 Nganjuk Bidang Kesiswaan saat konferensi pers di Aula Joglo SMPN 3 Nganjuk, Rabu (8/2/2022), mengatakan untuk pencapaian itu pihaknya memberikan fasilitas dan dukungan kepada murid-muridnya untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Akan tetapi ada saja orang tua yang tidak memberikan persetujuan kepada anak-anaknya agar bisa mengembangkan atau mengkuti bakat dan minatnya.

“Jika menemui permasalahan seperti ini, kami akan mengundang orang tua murid ke sekolah, lalu kita berikan pemahaman kepada orang tua murid terkait bakat dan minatnya itu,” sebut Dian.

Dian menjelaskan, bakat dan minat itu agak berbeda. Bakat adalah potensi yang sudah ada sejak lahir. Sedangkan minat biasanya dipengaruhi oleh keingnginan yang belum tentu sesuai bakat yang dimiliki.

Orang tua yang paham betul putra putrinya memiliki bakat tertentu, otomatis akan mendukung dengan cara memberi keleluasaan bagi putra putrinya untuk ikut les, ikut kompetisi-kompetisi sehingga bakat anaknya bisa tersalurkan dengan baik.

Contohnya, lanjut Dian, e-sport itu olahraga yang sudah mendunia, tapi bagi orang tua yang tidak mendukung, mereka menganggap bahwa e-sport adalah game yang merusak, sehingga prestasi menurun.

Padahal, e-sport itu olahraga yang menjanjikan secara finansial atau bisa menghasilkan uang dari rumah. Namun demikian bermain e-sport juga harus diukur porsinya sehingga tidak melupakan pelajaran sekolah.

“Jika ada orang tua yang tidak mendukung itu, pihak sekolah akan mengupayakan agar paham tentang e-sport. Kemarin SMPN 3 Nganjuk juara 3 se-Eks Karisidenan Kediri,” ungkap Dian.

Dian menambahkan, ekstrakulikuler di SMPN 3 Nganjuk sangat beragam, ada akademik dan non-akademik. Bahkan ekstrakulikeler di SMPN 3 Nganjuk ada yang tak dimiliki oleh SMP-SMP lain di Kabupaten Nganjuk.

“Kami akan melakukan kerja sama, misalnya dengan PWI Nganjuk untuk mengembangkan bakat dan minat murid-murid yang ingin jadi wartawan. Kami juga akan memberikan penjelasan kepada orang tua murid, InsyaAllah orang tua memahami, dan mendukung bakat dan minat anaknya yang akan dikembangkan,” pungkas Dian.

Reporter : Kelompok C1
Editor : Galang Marhaendra