DaerahHead Line NewsNgawiPolitik & Pemerintahan

Perlancar Aktivitas Warga, Pemdes Jatigembol Bangun Jalan Gang dengan Rabat Beton

Ngawi, megapos.co.id – Pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi skala prioritas, terus digenjot oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Jatigembol, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi.

Meski anggaran belum maksimal karena anggaran DD masih banyak untuk penanganan Covid-19, namun yang direalisasikan adalah BK SARPRAS tahun 2022.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni membangun jalan lingkungan (jaling) akses warga untuk berlalu lalang dengan anggaran Rp 50 juta yang bersumber dari dana BK SARPRAS tahun anggaran 2022.



“Dulu ini jalan batu campur tanah, sekarang baru dicor. Ya senang karena untuk aktivitas jalan jadi bagus dan lancar. Ini baru saja dibangun, jadi nanti setelah bisa dilewati tak becek lagi,” kata warga setempat saat ditemui media megapos.co.id.

Kepala Desa Jatigembol, Budi Sulistyonarko S.E mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membangun infrastruktur di wilayahnya.

Rabat beton ini sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan memperlancar mobilitas warga dalam mengangkut hasil bumi sekaligus akses jalan keluar masuk warga dari dan menuju kepemukiman.

“Alhamdulillah, di penghujung tahun 2022 ini, Pemdes jatigembol bisa realisasikan pembangunan infrastruktur cor beton jalan di dusun jati gembol 08/03 dengan panjang 170X2,5 meter yang menjadi skala prioritas, karena akses warga yang vital. Semoga bermanfaat untuk warga, lancar semuanya. Rabat beton salah satu mempermudah aktivitas warga,” kata Kades Budi.

“Sesuai usulan warga dan kesepakatan bersama lembaga desa, yakni BPD, LPM dan tokoh masyarakat, maka skala prioritas yang kita bangun akses warga kita yang ada di seluruh perdusunan. Agar mobilitas warga lancar serta mengangkut hasil bumi juga lancar dengan dibangunnya jalan tersebut,” ucap Kades Budi.

Ia berharap setelah selesai nanti, agar warga bisa menjaga dan merawat jalan tersebut agar awet. “Dan untuk kelangsungannya Insya Allah tahun depan bisa kita anggarkan kembali, jika anggarannya cukup,”pungkasnya.

Terpisah, Sekdes Jatigembol, Yhugo Swastiko SPd MPd mengatakan, sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Jatigembol yang dipimpin oleh Kades Budi, bisa merealisasikan pembangunan di Dusun Jatigembol ini.

“Insya Allah pembanguan tahun depan Infrastruktur jalan akan terus digenjot, berkat sinergi antara Pemdes Jatigembol dan BPD Desa Jatigembol untuk sama-sama membangun desa lebih baik lagi,” tandasnya.

Dan sesuai agenda tahunan, masyarakat, kata dia, bisa mengajukan jika ada infrastruktur tidak layak kepada pihak pemdes melalui musyawarah dusun (Musdus) lalu dievaluasi lagi dengan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2023.

“Mudah-mudahan berkat sinergitas kita bersama Pemdes jatigembol bisa kita selalu usahakan agar jalan-jalan sekecil apapun bisa disentuh pembangunan. Sesuai usulan warga yang menjadi skala prioritas pembangunan. Insya Allah akan terealisasi,” pungkasnya. (Adv/Dar)