Politik & Pemerintahan

HPN 2023, PWI Nganjuk Gelar Diklat Jurnalistik di SMP Negeri 2 Pace

Nganjuk, megapos.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk menggelar Diklat Jurnalistik Tingkat Pelajar SMP, Rabu (1/3/2023) di SMP Negeri 2 Pace, Kabupaten Nganjuk.

Diklat ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI.

Acara ini dihadiri Kepala SMP Negeri 2 Pace, Ani Sutiani, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca, dan pengurus PWI Kabupaten Nganjuk.

Diklat diikuti 60 peserta siswa siswi SMP Negeri 2 Pace terdiri dari perwakilan OSIS dan ekstrakurikuler.

Sebagai pemateri dalam diklat tersebut diantaranya Romza wartawan Nadi Media memberikan materi tentang jurnalis video dan Muji Hartono wartawan Harian Pagi Koran Memo menyampaikan materi tentang teknik penulisan jurnalistik dan teknik reportase.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMP Negeri 2 Pace, Ani Sutiani mengapresiasi PWI Kabupaten Nganjuk yang telah memberikan kesempatan kepada anak didiknya mengikuti diklat jurnalistik.

Suasana praktik wawancara cegat bersama Kepala SMP Negeri 2 Pace, Ani Sutiani

“Kegiatan diklat ini sangat membanggakan bagi kami, karena anak-anak bisa mendapatkan ilmu jurnalistik dari teman-teman PWI Kabupaten Nganjuk,” terang Ani sapaan akrab Ani Sutiani.

Menurutnya, kegiatan diklat ini, bertujuan untuk belajar ilmu jurnalistik, mengasah kemampuan berbicara, menulis dan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Selain itu, juga sebagai salah satu langkah untuk memanfaatkan telepon seluler secara positif,” imbuhnya.

Ani berharap, usai mengikuti kegiatan diklat ini, anak didiknya mampu mengimplementasikan ilmu jurnalistik dalam kegiatan OSIS maupun kegiatan sekolah lainnya.

“Jadi, harapannya, anak-anak bisa membuat berita positif seputar kegiatan sekolah untuk di-publish di media sosial dengan tujuan promosi sekolah kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca menuturkan, sasaran kegiatan diklat jurnalistik tahun 2023 ini, ada 4 lembaga sekolah di tingkat SMP.

“SMP Negeri 2 Pace ini, merupakan lembaga sekolah pertama yang menjadi lokasi digelarnya diklat jurnalistik,” terangnya.

Selain SMP Negeri 2 Pace, kata Andik, diklat akan digelar di SMP Negeri 1 Berbek, SMP Negeri 1 Patianrowo dan SMP Negeri 1 Tanjunganom.

“Dengan kegiatan jurnalistik ini, tidak hanya sebagai ajang belajar ilmu jurnalistik, tetapi juga untuk mengkader adik-adik untuk menjadi insan pers yang profesional dan berkualitas,” harapnya.

Masih menurut Andik, selain diklat jurnalistik, sejumlah kegiatan juga telah digelar untuk memperingati HPN 2023 dan HUT ke-77 PWI, diantaranya tasyakuran, bakti sosial pengobatan gratis dan vaksinasi Covid-19 serta Lomba Presenter Gen-Z.

“Kita juga akan mengadakan kegiatan penanaman 5000 pohon, Lomba Video Pendek dan sebagainya,” tukasnya.

Reporter : Jumiati