DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Purnawiyata Peserta Didik Kelas XII SMKN 1 Nganjuk Berlangsung Sukses dan Meriah

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Nganjuk menggelar Purnawiyata Peserta Didik Kelas XII tahun ajaran 2022/2023, Selasa (9/5/2023) di Gedung Wanita, Nganjuk.

Purnawiyata yang diikuti 535 peserta didik kelas XII ini, mengambil tema “Show Up your Dream”.

Acara berlangsung sukses dan meriah dengan berbagai pertujukan potensi dan kreativitas siswa siswi, mulai dari Seni Tari, Menyanyi, paduan suara hingga pemutaran video rewind hasil karya apik kolaborasi antar kompetensi keahlian.

Hadir dalam acara tersebut, Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Adi Prayitno, Pengawas SMK, Drs Dani Hendarto MM, Kepala SMKN 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd, Ketua Komnasdik Kabupaten Nganjuk, Sujito, pengurus komite sekolah dan peserta didik kelas XII.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang hadir.

Prosesi purnawiyata peserta didik kelas XII

“Terima kasih juga kepada anak-anakku dan guru pendamping yang telah mensukseskan acara ini sehingga bisa berjalan dengan sukses dan meriah,” terangnya.

Heru berpesan, kepada seluruh peserta didik kelas XII yang sudah dinyatakan lulus untuk terus berjuang meraih cita-cita di masa depan.

“Turut berbangga, ada anak didik kami yang menunjukkan kegigihannya dan tidak malu untuk membuka usaha sendiri atau berwirausaha,” katanya.

Dijelaskan Heru, ini merupakan bukti nyata bahwa setelah lulus, peserta didik SMKN 1 Nganjuk mampu berdiri di kaki sendiri dengan berwirausaha.

Kepala SMKN 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd dan istri foto bersama perwakilan peserta didik kelas XII dan kelas XI usai prosesi purnawiyata

“Anak-anak harus memiliki otak yang cerdas dan harus berdampingan dengan hati. Kalau tidak, maka kita tidak bisa mewujudkan mimpi,” terang Heru.

Karena itu, lanjut Heru, peserta didik harus mempunyai mimpi dan cita-cita untuk meraih kesuksesan di masa depan.

“Mimpilah untuk meraih cita-cita dan masa depan dan jangan sampai terbelenggu dengan mimpi. Tapi harus berani bermimpi untuk kesuksesan di masa depan,” harapnya.

Heru juga berpesan, kepada alumni SMKN 1 Nganjuk agar tidak melupakan almamater sekolah.

“Kami berharap, alumni tetap terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan sekolah untuk bersama-sama membangun SMKN 1 Nganjuk agar semakin maju,” harapnya lagi.

Suasana sungkeman

Diakui Heru, dalam memajukan sekolah, kepala sekolah tidak bisa bekerja sendiri. “Akan tetapi dibutuhkan dukungan dan support dari para alumni,” tandasnya.

Masih menurut Heru, baru-baru ini, SMKN 1 Nganjuk menorehkan prestasi dengan ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) program keahlian Geomatika dan Gambar Bangunan.

“Bahkan, saat ini, SMKN 1 Nganjuk resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah yang diharapkan mampu lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangan sehingga bisa meningkatkan mutu layanan pendidikan dan kualitas lulusan,” tutup Heru.

Diketahui, SMKN 1 Nganjuk memiliki 9 kompetensi keahlian, yaitu Geomatika, Teknik Instalansi Tenaga Listrik, Teknik Audio Video, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan, Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM dan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan.

Reporter : Jumiati