DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Kelulusan, 287 Peserta Didik Kelas IX SMPN 2 Tanjunganom Diwisuda

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk menggelar acara Purnawiyata dan Wisuda Peserta Didik Kelas IX, Sabtu (27/5/2023) di lapangan SMPN 2 Tanjunganom.

Dalam acara purnawiyata yang mengambil tema ‘Merajut Asa Menggapai Bintang’ ini, SMPN 2 Tamjunganom meluluskan 287 peserta didik. Semuanya dinyatakan lulus 100 persen.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi dan jajaran, Kepala SMPN 2 Tanjunganom, Drs Bambang Nurhaji, Forkopimcam Tanjunganom, Kepala Desa Malangsari dan perangkat, komite sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan wali murid dan siswa siswi kelas IX.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMPN 2 Tanjunganom, Drs Bambang Nurhaji mengatakan, acara Purnawiyata tahun pelajaran 2022/ 2023 ini, merupakan puncak bagi siswa siswi di dalam menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun.

Prosesi prosesi pelepasan siswa siswi kelas IX

“Hari ini, kita menggelar purnawiyata dan wisuda untuk melepas anak-anakku. Pelepasan hari ini bukan akhir dari perjalanan kalian, akan tetapi awal dari perjuangan untuk meraih masa depan,” terang Bambang sapaan akrab Drs Bambang Nurhaji.

Usai kelulusan, ia berpesan, kepada peserta didik kelas IX agar melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat.

“Jangan berhenti sampai di sini, kalian semua masih sangat muda, membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang lebih luas untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” pesannya.

Menurut Bambang, negara ini membutuhkan generasi muda sebagai penerus bangsa.

“Tahun 2045 mendatang, sudah menjadi tugas kalian sebagai generasi penerus bangsa untuk melanjutkan pembangunan di negeri ini,” tandasnya.

Untuk mencapai kesuksesan, kata Bambang, peserta didik perlu belajar meneladani tokoh-tokoh sukses, salah satunya Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

“Beliau (Bupati Nganjuk_red) berasal dari keluarga yang sederhana, akan tetapi karena tekad dan perjuangannya bisa menjadi Bupati Nganjuk seperti saat ini,” jelasnya.

Bambang berharap, siswa siswi SMPN 2 Tanjunganom khususnya yang hari ini diwisuda, suatu saat ada yang menjadi Bupati Nganjuk, Menteri atau bahkan menjadi pemimpin bangsa.

“Untuk itu, teruslah bermimpi untuk meraih cita-cita demi kesuksesan di masa depan,” imbuhnya.

Kegiatan Selebrasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Masih menurut Bambang, selain acara purnawiyata, pihaknya juga menggelar Selebrasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema ‘Bhineka Tunggal Ika’.

“Dalam kegiatan ini, anak-anak kita menampilkan berbagai kreativitas diantaranya apresiasi budaya Jawa, kreasi seni, lagu daerah, masakan khas dan sebagainya,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengungkapkan, pemerintah baik pusat maupun daerah memiliki tekad untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat memberikan motivasi kepada siswa siswi.kelas IX SMPN 2 Tanjunganom

“Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan pendidikan yang bagus dari guru-guru yang berkualitas,” tegas Kang Marhaen sapaan akrab Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Ia pun berharap, tahun 2045 mendatang, bupati, menteri bahkan presiden berasal dari orang Nganjuk, mungkin salah satunya dari lulusan SMPN 2 Tanjunganom.

Sebagai generasi muda, kata Kang Marhaen, lulusan SMPN 2 Tanjunganom harus berani bermimpi dan berani mencoba untuk mencapai kesuksesan.

“Jadilah anak yang bermental juara dan bermental tangguh. Karena dengan memiliki mental juara akan mengantarkan kita kepada kesuksesan,” kata Kang Marhaen

“Karena, DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,” tutupnya.

Reporter : Jumiati