DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Promosikan Potensi Kota Bayu, Dinas Porabudpar Nganjuk Gelar Seni Budaya, Pameran Produk Unggulan dan Ekonomi Kreatif

Jakarta, megapos.co.id – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Porabudpar)
menyelenggarakan Gelar Seni Budaya, Pameran Produk Unggulan dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Nganjuk, Minggu (18/6/2023) di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nganjuk, Paguyuban Diaspora se-Jabodetabek, kepala OPD, Camat, kepala SMP se-Kabupaten Nganjuk, ketua dan pengurus PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Nganjuk.

Kepala Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk, Sri Handariningsih melalui Kasi Promosi dan Pemasaran, Ninik Purwaningrum mengatakan, kegiatan tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi Kota Bayu seperti seni budaya daerah, produk unggulan, kerajinan serta pariwisata di Kabupaten Nganjuk.

Keluarga besar Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk saat foto bersama

“Acara ini merupakan agenda tahunan Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk bersama Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur,” terang Ninik sapaan akrab Ninik Purwaningrum, Rabu (21/6/2023) di ruang kerjanya.

Selain menggelar seni budaya, kata Ninik, pihaknya juga menggelar pameran Pusat Informasi Pariwisata (PIP) dan ekonomi kreatif.

“Pameran PIP ini, untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk,” katanya.

Selain itu, lanjut Ninik, juga mempromosikan sejumlah hotel dan desa wisata yang ada wilayah Kabupaten Nganjuk.

Di kesempatan itu, menurut Ninik, Dinas Porabudpar juga menampilkan makanan khas Kabupaten Nganjuk yaitu nasi pecel.

“Di sini, pengunjung stand pameran bisa menikmati nasi pecel secara gratis,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, tambah Ninik, Dinas Porabudpar  mendatangkan 2 stand dari Paguyuban Diaspora se-Jabodetabek.

“Paguyuban Diaspora atau orang-orang Nganjuk yang merantau di Jabodetabek ini, kita fasilitasi untuk memamerkan produknya di Anjungan Jawa Timur,” tandasnya.

Promosikan makanan khas Kabupaten Nganjuk, nasi pecel

Ninik berharap, dengan adanya pameran ini, produk unggulan Kabupaten Nganjuk semakin dikenal tidak hanya di Kabupaten Nganjuk akan tetapi juga dikenal di luar Nganjuk.

“Begitu juga dengan ekonomi kreatif Kabupaten Nganjuk, semoga ke depan, semakin meningkat dan banyak kunjungan wisata datang ke Kabupaten Nganjuk,” harapnya.

“Kita berharap, wisatawan tidak hanya mengenal produk unggulan dan destinasi wisatanya saja, tetapi juga mengenal seni budaya yang dimiliki Kabupaten Nganjuk,” tutup Ninik.

Diketahui, dalam acara rutin tahunan ini, Kota Bayu menampilkan seni pertunjukan dengan lakon “Nyeksa Tirta Anggayuh Mulya”.

Selain itu, juga menampilkan berbagai pertunjukan seni diantaranya seni tari, tembang daerah hingga fashion show parade konstum icon potensi wisata kebanggaan Nganjuk serta batik khas Anjuk Ladang.

Reporter : Jumiati