DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bupati Trenggalek Teken MOU Pengembangan SDM hingga Science Techno Park Bersama Rektor UIN Tulungagung

Trenggalek, megapos.co.id – Bupati Trenggalek dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung tanda tangani nota kesepahaman (MOU) terkait pengembangan SDM hingga Science Techno Park di kawasan perkebunan Dilem Wilis Kecamatan Bendungan, Selasa (30/5/2023).

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan bahwa UIN SATU berencana mengembangkan kampus yang berbasis science tech di kawasan tersebut. Di samping juga rencana pengembangan kampus kedokteran.

“Terus juga pengerjasamaan yang di Perpres 80, Science Techno Park itu nanti fokusnya kepada bagaimana eco agro tourism di sana juga ingin dijajaki untuk dikerjasamakan,” ungkap Mas Bupati Ipin.

“Tapi kita belum bisa bicara banyak, karena sudah banyak yang ingin penjajakan tapi kita pengen, yang ini speednya lebih cepat karena kita sama-sama serius, semoga, mohon doa restu seluruh masyarakat Trenggalek semoga bisa terwujud,” sambungnya.

Dengan segera adanya kampus di Trenggalek, tentunya diharapkan semakin meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Trenggalek, termasuk juga meningkatkan perekonomian masyarakat.


Sementara itu Rektor UIN SATU Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. menjelaskan bahwa kerja sama tersebut terkait pengembangan wilayah antara kampus dengan pemerintah daerah. Apalagi kawasan perkebunan di Dilem Wilis cukup potensial sebagai laboratorium bagi kampus.

“Apakah laboratorium wisata, biologi, kimia, nanti juga akan jadikan sebagai tempat untuk fakultas science tech di kami, ada proses hibah nanti dari Pemkab Trenggalek ke kami yang itu akan dijadikan kampus, khususnya science tech,” terangnya.

“Science tech itu ya ada pertanian, agro ekonomi, agro bisnis, kemudian mungkin suatu saat akan kita buka kedokteran, kesehatan,” imbuh Maftukhin. (Sdr/Kom)