DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

DD 2024, Pemdes Warurejo Bangun Sumur Irigasi Sawah

Madiun, megapos.co.id – Pemerintah Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun membangun sumur irigasi sawah dengan kedalaman 400 meter.

Kepala Desa (Kades) Warurejo, Sunarto mengatakan, pembangunan sumur irigasi yang tengah proses di area persawahan tersebut merupakan upaya memperoleh ketersediaan air untuk lahan pertanian.

“Lokasi pembangunan sumur irigasi sawah kita pusatkan di Dusun Templek, Desa Warurejo,” terang Sunarto.

Dikatakannya, sumber dana pembangunan 1 unit sumur sawah ini berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2024 sebesar Rp 153.225.500,-.

“Petani Desa Warurejo menanam padi setahun 3 kali. Pada masa musim tanam ketiga biasanya sawah kekurangan air. Dengan adanya sumur, kita berharap petani sudah tidak lagi kekurangan air saat mengairi sawah,” harapnya.

Diakui Sunarto, bahwa pembangunan sumur irigasi sawah tersebut merupakan program prioritas.

“Kami berharap agar irigasi ini dapat berdampak baik kepada pertanian, agar petani kita bisa panen dengan hasil memuaskan,” kata dia.

Menurutnya, pembangunan sumur ini sangat bermanfaat bagi para petani. Apalagi, sambung dia, sektor pertanian di desanya itu merupakan salah satu mata pencaharian bagi warganya.

“Apalagi keberadaan sumur irigasi akan bermanfaat bagi mereka, dan diharapkan para petani terus memaksimalkan memproduksi padinya secara baik sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani,” tutupnya. (Pras)