DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Mas Bupati Ipin Terima Penghargaan Juara 1 Lomba Dukungan Pemulihan Ekosistem Tingkat Provinsi

Trenggalek, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menjadi juara pertama pada lomba dukungan pemulihan ekosistem tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 yang disampaikan saat acara Temu Karya Petani Hutan di Graha UNESA Surabaya, Selasa (27/6/2023).

Hal itu tentu selaras dengan cita-cita Trenggalek MEROKET yang terus digaungkan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, di mana upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat harus berbanding lurus dengan kelestarian ekologi.

“Saya mengucapkan terima kasih ke seluruh masyarakat Trenggalek yang kemudian juga ikut melaksanakan, tidak hanya penghijauan juga penjagaan terhadap kawasan hutan dan aksi-aksi dalam rangka membuat hutan tetap lestari dan juga berdaya guna,” ucap Mas Bupati Ipin.

“Penghargaan yang saya terima ini mewakili masyarakat Trenggalek yang selama ini sudah hidup, tidak hanya hidup dari hutan tapi juga menghidupi hutan,” usai menerima piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Ditambahkan oleh Mas Ipin, dirinya bersyukur memiliki hubungan baik dengan lembaga masyarakat desa hutan. Pemkab Trenggalek pun berhasil membantu mendapatkan 16 sertifikat pengelolaan hutan bersama masyarakat.

Dan yang lebih penting, menurut Mas Ipin, adalah bagaimana mendorong daya ekonominya tanpa mengurangi fungsi hutannya.

Selain itu juga Adipura Desa maupun peraturan yang mewajibkan satu orang menanam setidaknya satu pohon tiap tahunnya. Hal itu menjadi agenda yang kemudian diharapkan bisa membawa hutan tetap lestari.

“Tetapi sekarang PR-nya bagaimana pendayagunaan ekosistem hutan ini bisa bermanfaat dari sisi ekonomi,” tutur Mas Bupati Ipin. (Kom/sdr)