DaerahHead Line NewsMagetanPendidikanPolitik & Pemerintahan

Peringati HUT ke-78 RI, SMAN 1 Kawedanan Ikuti Pawai Budaya Bangga Magetan

Magetan, megapos.co.id – Mengakhiri rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), seluruh lapisan masyarakat Magetan meriahkan Pawai Budaya Bangga Magetan, Sabtu (26/8/2023).

Antusias terlihat dari kerumunan yang menanti peserta melewati sepanjang jalan A. Yani – jenderal Sudirman – Pahlawan hingga depan GOR Ki Mageti.

Total ada 57 kelompok, SMAN 1 Kawedanan dengan nomor peserta 41 ikut berpartisipasi pada pawai budaya ini dari perwakilan SMP, SMA/SMK dan MAN di Kabupaten Magetan.

Para peserta pun semangat menampilkan kearifan lokal serta potensi budaya dari Magetan.

Bupati Magetan, Suprawoto yang hadir menyaksikan pawai mengajak masyarakat Magetan untuk memaknai kemerdekaan RI dengan berbahagia.

“Dimaknai sebagai bentuk visualisasi bahwa kita berbeda tapi tetap satu. Harapannya dengan antusias masyarakat untuk menyaksikan bisa ditanamkan nilai itu kepada setiap individu,” terang Bupati Suparwoto.

Berbagai kebudayaan nusantara ditampilkan oleh para peserta. Namun, sejarah kerajaan Jawa mendominasi tema yang diusung sejumlah sekolah baik SMP, SMA/SMK, MAN dan umum.

Penampil terbaik akan dinilai oleh Tim Juri Independen yang direkrut Disparbud Kabupaten Magetan.

Para peserta pawai budaya menampilkan atraksinya sekitar 5 menit di depan panggung kehormatan depan Pasar Baru, disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Magetan, Forkompimda Magetan beserta istri, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Sementara itu, Aris Sudarmono selaku Kepala SMAN 1 Kawedanan mengatakan, meskipun peserta B001 SMAN 1 Kawedanan saat start harus menunggu giliran keberangkatannya, beberapa siswa-sisiwi tampak ceria dan semangat dalam mengikuti pawai budaya. 

Di akhir acara, masyarakat rela berebut aneka display buah dan sayur mayur yang telah disediakan pada panggung penghormatan di depan Pasar Baru Magetan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Magetan, Forkompimda Magetan beserta istri, Kepala OPD dan undangan lainnya. (Adv/pari)