DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Perkuat Sinergitas, Bawaslu Nganjuk Gelar Rakor Sentra Gakkumdu

Nganjuk, megapos.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra Gakkumdu.

Kegiatan yang mengambil tema “Potensi Kerawanan Pelanggaran pada Tahapan Pemutakhiran Pemilih” ini, digelar pada Rabu (11/10/2023) di Hotel Front One Nganjuk.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Yudha Harnanto didampingi Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Tanoyo dan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Data dan Informasi, Fina Lutfiana R.

Rakor diikuti 80 peserta terdiri dari Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Panwaslucam se-Kabupaten Nganjuk, ormas, alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Nganjuk.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Yudha Harnanto foto bersama peserta rakor usai membuka acara rakor

Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Yudha Harnanto mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memperkuat koordinasi dan sinergitas antar unsur Bawaslu, KPU, Kepolisian, dan unsur lainnya guna menghasilkan sebuah kesepahaman.

“Selain memperkuat koordinasi antar unsur, kita juga harus satu persepsi dalam penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu sesuai dengan regulasi yang ada serta memahami alur penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu,” terang Yudha sapaan akrab Yudha Harnanto.

Jadi, kata Yudha, rakor ini untuk menajamkan pengetahuan agar dapat memahami potensi pelanggaran pada tahapan pemutakhiran pemilih.

“Koordinasi ini kita lakukan untuk memahami pentingnya tahapan pemutakhiran pemilih,” kata Yudha.

Menurutnya, pemutakhiran pemilih bertujuan agar terpenuhi beberapa unsur daftar pemilih yang berkualitas, yaitu akurat, mutakhir, komprehensif dan transparan.

Yudha berharap sinergitas dan koordinasi akan tetap terpelihara dengan baik dalam mengawal pelaksanaan pemilu 2024.

Reporter : Jumiati