DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Perlancar Akses Perekonomian Warga, Pemdes Blimbing Bangun Rabat Jalan

Tulungagung, megapos.co.id – Pembangunan insfrastruktur di pedesaan dengan adanya Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang diberikan oleh pemerintah pusat secara otomatis memberikan peluang dan kesempatan bagi pemerintah desa untuk membangun wilayahnya masing-masing.

Dalam hal ini, pemerintah desa tidak dapat berjalan sendiri, peran serta masyarakat sangat diharapkan agar pembangunan dapat lebih maksimal sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

Seperti halnya Pemerintah Desa (Pemdes) Blimbing Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung salah satu pemanfaatan dana desa tahun 2023 untuk pembangunan insfarstruktur jalan dengan rabat beton.

Desa Blimbing merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Rejotangan kabupaten Tulungagung dengan mayoritas penduduknya sebagai petani dan kondisi kultur tanahnya sebagian berupa pegunungan.

Kamid selaku Kepala Desa (Kades) Blimbing mengatakan dengan kondisi seperti itu menjadi suatu tantangan bagi pemerintah Desa Blimbing.

“Kami akan terus berusaha membangun insfrastruktur untuk kepentingan warga, sebab pembangunan insfrastruktur di desa yang memadai dapat mempercepat tumbuhnya perekonomian serta berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” jelas nya.

Lebih lanjut Kamid menjelaskan, pemilihan jalan rabat beton karena memang wilayah Desa Blimbing di bagian wilayah timur berada di pegunungan, selain itu dengan menggunakan bahan rabat beton usia jalan lebih lama bila dibandingkan menggunakan bahan lainnya.

“Karena dengan jalan yang bagus maka melancarkan perekonomian masyarakat, kalau jalannya kurang bagus maka akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian yang lambat. Suatu contoh ada warga yang ingin jual hasil pertanian atau perkebunan, bila jalan tidak bisa dijangkau dengan alat transportasi roda empat maka akan menghabiskan biaya untuk kuli angkut saja,” paparnya.

Dalam hal ini untuk pembangunan rabat jalan ini sebagai proyek yang di usulkan warga karena selain menjadi akses penting, juga jalan utama bagi warga terutama petani yang akan ke ladang.Selain itu untuk mempermudah transportasi kendaraan besar yang selama ini kesulitan masuk.

” Rabat jalan sepanjang 80 meter dengan lebar 2,5 meter yang berada di RT 4 RW 6 ini dimaksud untuk memudahkan masyarakat yang akan ke ladang dan juga agar dapat dilalui kendaraan besar yang akan mengangkut bibit tanaman, pupuk dan alat berat,” bebernya.

Ia berharap, dengan pembangunan rabat jalan ini bisa bermanfaat untuk warga blimbing dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari guna memperlancar roda perekonomian. (Sdr)