DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Sekda Nganjuk Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Nganjuk Tahun 2025 – 2045, Menuju Kabupaten Nganjuk yang Maju, Sejahtera, Inovatif dan Berkelanjutan

Nganjuk, megapos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nganjuk menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Nganjuk Tahun 2025 – 2045.

Acara yang dibuka langsung oleh Sekrtetaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan ini, digelar di Pendapa KRT Sosro Koesoemo, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatannya, Sekda Nganjuk, Nur Solekan mengatakan RPJPD Kabupaten Nganjuk tahun 2025 – 2045 merupakan penjabaran dari visi misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang selama 20 tahun yang menjadi acuan dan pedoman RPJMD dan dok rencana tahunan.

“RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2025 – 2045 disusun dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah yang merupakan bagian integral dari pembangunan nasional sebagai kerangka NKRI,” terangnya.

Dijelaskan Sekda, bahwa capaian indicator kinerja utama Kabupaten Nganjuk, salah satunya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nganjuk yang mengalami fluktuatif dengan paling tinggi pada tahun 2016, pada tahun 2020 mengalami kontraksi akibat Civid – 19.

“Pada tahun 2022, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan kinerja pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi pasca Covind-19 berhasil,” tandasnya.

Menurut Nur Solekan, rancangan awal visi Kabupaten Nganjuk tahun 2025-2045 adalah Kabupaten Nganjuk yang maju, sejahteram inovatif dan berkelanjutan.

Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk, Fajar Judiono saat memimpin diskusi interaktif bersama peserta Forum Konsultasi Publik

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk, Fajar Judiono menambahkan, Forum Konsultasi Publik ini dimaksudkan untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD Kabupaten Nganjuk tahun 2025 – 2045 meliputi permasalah dan isu strategis serta visi dan misi.

“Selain itu, juga untuk mendapatkan saran dan masukan dari para pemangku kepentingan di Kabupaten Nganjuk,” katanya.

Menurut Fajar, kegiatan ini diiukuti oleh dari perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Forkopimda Nganjuk, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, pimnan organisasi masyarakat, perguruan tinggi, akakademisi, pimpinan profesi, dan sebagainya

“Forum Konsultasi Publik hari ini diawali dengan pembukaan, sambutan-sambutan dan pengarahan kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan para peserta,” tukasnya.

Kuisioner RPJPD 2025-2045 FKP

Sebagai informasi, dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas, maka para peserta forum serta seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan dapat berpartisipasi memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Nganjuk Tahun 2025-2045 melalui kuisioner RPJPD 2025-2045 FKP.

Reporter : Jumiati