DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Sekda Nganjuk Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah

Nganjuk, megapos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah, di Jalan Mastrip II Nomor 30, Kelurahan Ganungkidul, Kecamatan/ Kabupaten Nganjuk, Kamis (7/12/2023).

Turut mendampingi Sekda Nur Solekan, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI, Sri Sumekar, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk, Dyah Puspita Rini.

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Nganjuk, Nur Solekan dan room tour Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan dari lantai 1 ke lantai 2.

Dalam kesempatan itu, Sekda Nganjuk, Nur Solekan mengatakan, bahwa pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik regular tahun anggaran 2022.

“Pemkab Nganjuk menerima bantuan langsung dari pemerintah pusat sebesar Rp 7 miliar lebih untuk pembangunan Gedung Layanan Persputakaan Daerah. Dan alhamdulilah, hari ini gedung ini baru saja kita resmikan,” terang Nur Solekan.

Sekda Nur Solekan saat room tour Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan

Sekda mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan kepada pemerintah daerah berupa gedung perpustakaan ini.

“Ini merupakan pijakan awal bagi kita untuk meningkatkan kegiatan literasi di Kabupaten Nganjuk,” katanya.

Ia menegaskan, bahwa Pemkab bersama DPRD Kabupaten Nganjuk bertekad akan melengkapi sarana prasana Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini.

“Masih banyak hal yang perlu kita lengkapi seperti sarana digital, IT, fasilitsa difabel, lift, AC dan sebagainya,” imbuhnya.

Dijelaskannya, bahwa sarana dan prasarana gedung ini perlu dilengkapi agar masyarakat Nganjuk bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan kegiatan-kegiatan literasi yang ada di Kabupaten Nganjuk.

“Semoga hadirnya Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk, Dyah Puspita Rini menambahkan, peresmian ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat atas keberadaan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah yang baru ini.

“Kami menyadari gedung ini masih jauh dari kesempurnaan, akan tetapi, kami akan berusaha melengkapi sarana prasarana karena perpustakaan sebagai jantung pendidikan dan menjadi pusat mencari sarana ilmu,” tandasnya.

Selain peresmian gedung baru, lanjut Dyah, pihaknya juga menggelar talkshow yang bertajuk “Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten Nganjuk”.

“Dengan adanya talkshow ini diharapkan menjadi ajang diskusi dan sharing ilmu yang bisa kita manfaatkan untuk pemuatan ekosistem literasi masyarakat dan pemberdayaan perpustakaan serta meningkatkan indeks literasi masyarakat Kabupaten Nganjuk,” urainya.

Sebagai informasi, dalam talkshow ini menghadirkan Sri Sumekar, Pustakawan Ahli Utama, Perpusnas RI, Tatit Heru Tjahjono Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Sopingi Direktur Pasca Sarjana IAI Diponegoro Nganjuk dan Sigit Priyanto Pegiat Literasi.

Reporter : Jumiati