DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Masuk Zona Hijau dengan Nilai Kualitas Tertinggi, Kabupaten Nganjuk Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

Nganjuk, megapos.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk menerima secara langsung penghargaan dari Ombudsman RI, Kamis (14/12/2023)  di Hotel Aryaduta, Menteng – Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan saat Acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) tahun 2023 kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah ( Kabupaten/Kota).

Prestasi membanggakan ini diraih karena Kabupaten Nganjuk masuk zona hijau dengan nilai 97,29 / kualitas tertinggi.

Dalam acara ini, dihadiri para Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, Walikota dan Bupati penerima penghargaan.

Ombudsman RI sampai saat ini lebih dikenal masyarakat sebagai lembaga yang menyelesaikan aduan/keluhan pelayanan publik daripada sebagai lembaga preventif pengawasan yang mencegah tindakan-tindakan yang tidak sesuai kondisi yang seharusnya.

Dalam acara ini, Prof. Dr. Mahfud MD , SH, S.U, M. IP selaku Menkopolhukam juga didaulat sebagai keynote speaker.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih SH, MHum, PH.D mengungkapkan, penilaian dan pemberian opini pelayanan publik ini diberikan atas arahan dari Presiden RI Joko Widodo.

Seperti halnya opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Pemberian opini bermaksud untuk mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Baik dari pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan, dan pengelolaan pengaduan,” ungkapnya.

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna usai penerimaan penghargaan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setingggi-tingginya atas prestasi ini.

“Puji syukur, ada progress baik, tentang layanan publik di Kabupaten Nganjuk. Dari data kita, periode 2021 kita masih di bawah di antara Kabupaten/Kota di Jatim bahkan, 2022 kita bisa naik peringkat ke 19 kalau tidak salah, dan tahun ini kita bisa masuk 3 besar nasional, di zona hijau dengan Nilai Tertinggi 97, 29,” tegasnya.

“Ini adalah prestasi kita bersama-sama, seluruh komponen untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat Nganjuk,” ucap Pj Bupati Handoko. (**)