DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

BAZNAS Nganjuk Sumbang Rp 200 Juta untuk Palestina

Nganjuk, megapos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menyerahkan bantuan donasi kemanusiaan untuk Palestina tahap dua sebesar Rp 100 juta melaui BAZNAS Jawa Timur di Hotel Mercure Mirama Hotel Surabaya, Jumat (23/12/2023).

Donasi terkumpul dari hasil penggalangan dari berbagai dinas pemerintah dan swasta.

Donasi tertinggi dari Dinas Pendidikan senilai Rp 91 juta, dari Kemenag Rp 20 juta selebihnya dari dinas lain dan partisipasi masyarakat umum.

“Terima kasih warga Nganjuk telah berpartisipasi dan terkumpul Rp 200 juta telah kami serahkan ke BAZNAS Jatim,” ungkap DR Zainal Arifin, Ketua BAZNAS Nganjuk.

Zainal mengaku, masih terus melakukan penggalangan dan menunggu berbagai partisipasi masyarakat.

“Penggalangan masih terus berjalan, sejumlah dinas juga masih terus menggalang ke unit-unit kerja,” pungkasnya.

Diketahui, BAZNAS Jawa Timur telah menyerahkan bantuan donasi kemanusiaan untuk Palestina dari Pimpinan BAZNAS se-Jawa Timur senilai Rp 10,2 milyar melaui BAZNAS RI di Hotel Mercure mirama Hotel Surabaya, Jumat, (23/12/2023).

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad MA mengaku, sangat terkesan dengan kekompakan warga Jawa Timur yang dikoordinir BASNAZ

Menurutnya, berbagai upaya dilakukan untuk membantu Palestina sehingga terhimpun donasi yang luar biasa.

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk BAZNAS Jawa Timur, solid dan luar biasa, donasi tertinggi secara nasional,” ungkapnya dalam sambutan acara bertema “Rapat Evaluasi Akhir tahun 2023 dan Outblook 2024”.

Ia menambahkan, program penggalangan kemanusiaan bertema ‘Membasuh Luka PalestinaPalestina’ ini, akan disalurkan secara transparan dan profesional melalui sejumlah mitra kerja di Mesir dan sekitarnya.

“InsyaAllah kita (BASNAZ_red) menggunakan jalur resmi pemerintah dan swasta dalam penyaluran donasi, lembaga zakat Indonesia mendapatkan fasilitas spesial dari Pemerintah Mesir,” imbuhnya.

Diketahui BAZNAS RI telah mengirimkan bantuan sebanyak 82 ton barang melalui akses jalur Rafah.

Barang yang dikirim berupa bahan makanan, obat-obatan dan pakaian, selanjutnya diangkut Pesawat Hercules milik TNI AL.

“Alhamdulillah proses pengiriman kemarin diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, BAZNAS RI telah mengirimkan donasi untuk Palestina senilai Rp 210 milyar yang dikirim dalam bentuk barang dan uang tunai.

Untuk penyalurannya bekerjasama dengan Grand syeikh Al Azhar, Lembaga Donasi (Lembaga Zakat Mesir) dan Pemerintahan Mesir.

Lebih lanjut bantuan yang dihimpun akan diperuntukkan dalam tiga jenis program, yaitu bantuan kemanusiaan dan kebutuhan pokok 20 persen, untuk recovery 30 persen dan
rekonstruksi rarana pra sarana sebanyak 50 persen

“Mohon dukungan dan Doanya semoga bantuan dari Masyarakat Indonesia meringankan saudara kita di Palestina ” pungkasnya. (**)