DaerahHead Line NewsHukum & KriminalKediri

Hanya Amankan 1 Motor, Kasat Lantas Sebut Penggunaan Knalpot Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Teknis Mulai Menurun

Kota Kediri, megapoa.co.id – Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) Harkamtibmas digelar di Jalan Airlangga tepatnya Simpang Empat Toga Emas Kota Kediri, Minggu (28/1/2024) dinihari.

Operasi tersebut, dengan sasaran utama kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek dan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis

Penggunaan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis terhadap kendaraan roda dua di wilayah Kota Kediri mulai mengalami penurunan.

Dalam pantauan di lokasi, ada salah satu kendaraan bermotor yang diberhentikan karena tidak dipasang plat nomor.

Setelah dilakukan pemeriksaan termasuk Surat Izin Mengemudi (SIM), pengendara motor itu dapat melanjutkan perjalanannya dan diberikan imbauan untuk memasang plat nomor tersebut.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Teddy Chandra melalui Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Andhini Puspa Nugraha mengatakan, bahwa operasi cipta kondisi ini dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang selama ini sudah menjadi atensi.

Selain menyasar utama knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, petugas juga mengantisipasi tindakan kriminalitas 3C seperti curat, curas, dan curanmor.

“Hasil sementara ada satu sepeda motor kita amankan karena knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis,” jelasnya.

Hasil operasi tersebut, berbeda dengan yang digelar sebelumnya karena mayoritas mengamankan banyak kendaraan berknalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis mulai dari belasan hingga puluhan yang diamankan ke Mako Satlantas Polres Kediri Kota.

Menurut AKP Andhini, penggunaan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis di wilayah Kota Kediri saat ini mengalami penurunan.

Menurutnya, hal itu dikarenakan, pihaknya sudah rutin melaksanakan kegiatan penindakan terhadap knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi tekni setiap hari khususnya pada malam hari.

Oleh karenanya, penindakan yang dilakukan anggotanya itu dapat memberikan efek jera kepada pemilik kendaraan agar ke depannya agar tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan mematuhi peraturan tata tertib dalam berlalu lintas.

“Alhamdulilah sudah mulai menurun. Setiap hari, tetap ada 1-2 motor kita temukan di jalan karena menggunakan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis,” tambahnya.

Meski sudah mulai berkurang, polwan tiga balok di pundaknya itu mengaku, akan terus memberikan tindakan tegas terhadap sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Tak hanya itu, patroli untuk mengantisipasi trek-trekan ataupun balap liar di daerah hukum Polres Kediri Kota masih dilakukan khususnya pada malam hari.

“Kami juga melakukan kegiatan patroli skala besar untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan termasuk balap liar,” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota. (Mur)