DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Mas Bupati Ipin Terima BAZNAS Award 2024 Untuk Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Trenggalek, megapos.co.id – Dinilai sebagai salah satu kepala daerah pendukung pengelolaan zakat terbaik, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin terima BAZNAS Award tahun 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia Prof. DR. KH. Noor Achmad, M.A., di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024).

Sejak dirinya menjabat sebagai wakil bupati, Mas Ipin terus berupaya mendorong peningkatan pengumpulan zakat di Kabupaten Trenggalek melalui BAZNAS yang diawali dari para ASN.

Bahkan, saat ini pengumpulan zakat melalui BAZNAS Trenggalek bisa mencapai kisaran Rp 7 miliar hingga Rp 8 miliar per tahun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mempercayakan BAZNAS sebagai tempat berzakatnya,” ungkap Mas Bupati Ipin.

Menurut Mas Ipin, pengumpulan zakat melalui BAZNAS bisa menjadi innovative financing dalam pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Penyalurannya ada yang sifatnya produktif, melalui usaha-usaha UMKM kemudian peternakan dan lain sebagainya,” terangnya.

“Kemudian juga beberapa hal kita gunakan untuk membantu contohnya bagaimana menghadirkan perumahan inklusi bagi teman-teman difabel,” imbuh Mas Ipin.

“Juga yang paling penting kita bisa melakukan penanggulangan cepat untuk masyarakat yang seperti belum punya BPJS dan sebagainya, kita cover dulu melalui dana BAZNAS,” lanjutnya.

BAZNAS Trenggalek juga rutin melakukan audit, selain di internal Pemkab melalui Inspektorat juga melibatkan auditor independen. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir berhasil meraih Opini WTP.

Untuk itu, Mas Ipin berharap ke depan BAZNAS Trenggalek lebih memprioritaskan tidak hanya zakat maupun infaq namun juga wakaf.

“Kita ingin wakafnya dibesarkan agar kita bisa melakukan nanti pemberdayaan ekonomi melalui wakaf produktif kepada masyarakat yang berhak mendapatkan,” harapnya. (Kom/sdr)