DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanSurabaya

Pj Bupati Nganjuk Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

Nganjuk, megapos.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna menghadiri upacara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/3/2024).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Dalam sambutannya, Tito Karnavian mewajibkan Nomenklatur Pemadam Kebakaran jadi dinas tersendiri.

“Dalam PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah menyatakan bahwa penyelenggara Damkar adalah dinas daerah provinsi dan dinas daerah kab/kota yang menyelenggarakan sub urusan kebakaran, oleh karena itu saya minta kepada seluruh gubernur bupati dan walikota agar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sebagai dinas yang mandiri tidak digabungkan dengan urusan pemerintahan lainnya,” terangnya.

Di Kabupaten Nganjuk sendiri, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) telah berdiri sendiri sejak 11 Januari 2022, setelah sebelumnya bergabung dengan Satpol PP.

Upacara berlangsung dengan lancar, diikuti oleh seluruh Kepala Damkar Mandiri se-Indonesia, Dirjen Kemendagri, kabupaten/kota se-Jawa Timur, dan Forkopimda Kota Surabaya maupun Jawa Timur yang totalnya kurang lebih 1.050 peserta.

Pj Bupati sendiri ditemani oleh Kepala DPKP Kabupaten Nganjuk, Sujito. (**)