DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Naik Eskalasi Bintang 5, BUMD Milik Pemkab Trenggalek ini Tunjukkan Eksistensinya

Trenggalek, megapos.co.id – BPR Jwalita (Perseroda) Kabupaten Trenggalek berhasil naik eskalasi dari bintang 4 menjadi bintang 5 dalam ajang TOP BUMD Award tahun 2024, di Jakarta.

Predikat TOP BUMD Bintang 5 merupakan kategori luar biasa. Artinya BPR Jwalita mampu menggapai pencapaian kinerja yang baik.

Raihan BUMD bintang 5 ini juga menunjukkan manajemen kelola dari BPR Jwalita baik.

Selaras dengan visi BUMD, melakukan inovasi/perbaikan yang berkelanjutan dan didukung tekonologi informasi.

Kemudian memiliki peran besar dan penting dalam pembangunan ekonomi di daerah. Tentunya layak untuk menjadi contoh bagi BUMD lain.

Merujuk laporan kinerja yang dimiliki, Dwi Fraidianriani, Direktur Utama BPR Jwalita menerangkan, dari modal Rp. 20 miliar, total aset BPR Jwalita per 31 Desember 2023 menjadi sebesar Rp. 143.893.811.000.

“Angka yang fantastis, menunjukkan bawasannya BPR ini terus bertumbuh,” katanya¬†

Dalam perjalanannya, menurut Dwi, BPR Jwalita juga tidak pernah absen menyumbangkan PAD untuk Pemkab Trenggalek.

“Laba yang dihasilkan dari tahun ke tahun juga terus meningkat dengan total saham kepemilikan Pemkab Trenggalek mencapai 98,64 persen,” ungkapnya.

Tahun 2020, lanjut Dwi, Jwalita mencatatkan laba sebesar Rp. 1,950 miliar, 2021 sebesqr Rp. 2,366 miliar, 2022 sebesar Rp. 2,439 miliar dan tahun 2023 sebesar Rp. 2,560 miliar.

“Terus bertumbuh dengan neraca keuangan yang sehat, menandakan memang pantas bila BUMD milik Pemkab Trenggalek itu mendapatkan apresiasi BUMD bintang 5 dalam TOP BUMD Award 2024,” urainya lagi.

Menanggapi capaian BUMD-nya, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja dari BPR Jwalita yang mendapatkan Top BUMD Award untuk ke berapa kalinya.

“Saya ucapkan selamat, BPR Jwalita selain dianggap kinerja keuangan sebuah perusahaan yang baik, BPR Jwalita juga dianggap punya social impact,” ucap Mas Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Rabu (20/3/2024).

Alasannya, kata Mas Ipin, karena meluncurkan program kredit sanitasi untuk warga yang ingin mendapatkan sanitasi yang lebih baik, yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup dan juga kesehatan.

“Jadi itu yang menjadi salah satu strong point mengapa BPR Jwalita TOP BUMD Award Bintang 5 atau kategori yang paling tinggi,” tandasnya.

“Harapannya semua BUMD bisa seperti BPR Jwalita. Apalagi BPR Jwalita juga baru saja restrukturisasi organisasi. Di bidang energi ada PT Jwalita Energi Trenggalek (JET) dan masih ada beberapa BUMD lain. Semoga ini nanti diikuti,” tutupnya. (Sdr/kom)