DaerahHead Line NewsKediriPendidikan

Disdik Kabupaten Kediri Gelar FLS2N Tahun 2024

Kediri, megapos.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan yang menampilkan bakat, kreativitas dan skill dari para pelajar tersebut berlangsung di Taman Hijau Area Simpang Lima Gumul, Sabtu (27/4/2024).

Tahapan seleksi FLS2N tingkat SMP berlangsung pada tanggal 22 April – 23 April 2024, terdapat 6 cabang seni yang diperlombakan antara lain menyanyi solo, ilustrasi menggambar, musik tradisional, tari kreasi, ansambel musik dan Pantomim.

Bagi sang juara nantinya akan mewakili Kabupaten Kediri pada ajang FLS2N tingkat Provinsi hingga ke tingkat Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Muhamad Muksin

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Muhamad Muksin mengatakan, kegiatan FLS2N merupakan ajang kreativitas bagi para siswa agar dapat menunjukkan skill dan bakatnya yang pada akhirnya akan mewakili Kabupaten Kediri pada ajang FLS2N tingkat provinsi bahkan Nasional.

“Acara festival Seni Pelajar Disdik Kab Kediri 2024 juga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri 1220 dengan diikuti 36 finalis yang akan berebut dalam 6 cabang lomba di grand final di Taman Hijau SLG. Ini merupakan agenda tahunan yang mana nantinya para pemenang lomba akan kita ikutkan dalam FLS2N tingkat Propinsi dan Nasional,” ucap Kadisdik Kabupaten Kediri Muksin.

“Setiap cabang lomba akan kita ambil satu pemenang, selain untuk menambah kreatifitas juga menggembangkan bakat anak. Seperti pesan mas Bup (Panggilan akrab Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana) agar anak-anak juga mau bermimpi untuk berbuat baik dalam semua bidang, termasuk seni dan budaya,” tutur Muksin.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pendidikan tingkat SMP Fadeli juga menambahkan, Fesrtival Seni Pelajar tahun ini dikemas luar biasa, sekaligus umtuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1220.

“Saya berharap ini bisa menjadi momentum untuk anak-anak mengembangkan karya dan bakatnya, karena tema dari FLS2N tahun ini adalah ‘Kita Wujudkan Profil Pelajar Pancasila’,” harapnya

Fadeli juga menambahkan, setelah kompetisi ini, harus dibangun iklim kolaborasi sekolah-sekolah yang menjadi pemenang bisa berbagi pengalaman dan bisa berbagi hal-hal positif kepada sekolah lain.

Sekedar diketahui, dalam grand final festifal seni pelajar Disdik Kabupaten Kediri juga menampilkan kreatifitas siswa dari berbagai SMPN. Antara lain, Kreasi ogoh – ogoh dari SMPN 2 Kandangan, Paduan suara kreasi dari SMP YBPK Sidorejo, Gitar masal dari SMPN 3 Grogol, Kentrung, gabungan guru2 SD, SMP SMA dan PT di Kab Kediri serta menampilakan juara festival tahun-tahun sebelumnya. (**)