DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Banmus DPRD Trenggalek Jadwalkan Pembahasan RPJMD Bupati di Bulan Mei

Trenggalek, megapos.co.id – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Trenggalek menjadwalkan kegiatan untuk bulan Mei tahun 2024 yang salah satunya agenda pentingnya adalah pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati.

Politisi PKS, Agus cahyono selaku Ketua Banmus mengatakan, bahwa kegiatan anggota dewan pada bulan Mei ini ada rapat-rapat komisi, kunjungan kerja serta kegiatan lain berupa Bimtek dari beberapa fraksi.

“Jadi pada bulan Mei ini selain ada rapat komisi dan kunker ada tiga fraksi yang mengikuti bimtek,” katanya, Jumat(3/5/2024).

Lebih lanjut Agus mengatakan, bahwa dari semua kegiatan pada bulan Mei yang paling penting atau urgen adalah pembahasan RPJMD.

“Dari hasil rapat pembahasan RPJMD dari Bupati, kami akan mengagendakan penyampaian nota Bupati dan selanjutnya pandangan umum fraksi-fraksi serta pembentukan Panitia Khusus (Pansus),” ungkapnya.

Agus menyebutkan, nota dari Bupati tidak hanya sekedar dokumen perencanaan, namun harus disertai instrumen strategis untuk mendukung visi pembangunan jangka panjang daerah ke depan.

“Jadi untuk nota dari Bupati juga cukup krusial”, tuturnya.

Ditegaskan Agus, visi pembangunan jangka panjang yang dimaksud ialah, yang berkelanjutan, memperhatikan pertumbuhan ekonomi, ketimpangan sosial, dan pelestarian lingkungan.

“Perencanaan jangka panjang harus konsisten dengan pembangunan jangka panjang. Sehingga peran stake holder, masyarakat, dan pihak swasta sangat diharapkan,” pungkasnya. (Sdr)