DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

SMPN 1 Tanjunganom Gelar Pelepasan Peserta Didik Kelas IX

Nganjuk, megapos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk menggelar Pelepasan Peserta Didik Kelas IX tahun ajaran 2023/2024.

Acara yang digelar pada Senin (3/6/2024) di halaman SMPN 1 Tanjunganom ini mengusung tema ‘Menjadi Generasi Pembelajar yang Berakhlak Mulia untuk Mewujudkan Masa Depan yang Gemilang’.

Pelepasan ini merupakan salah satu kegiatan menutup rangkaian tahapan pendidikan.

Tampak mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi dan Ketua MKKS SMP Negeri Kabupaten Nganjuk, Teguh Sudjatmika dan undangan lainnya saat menghadiri undangan

Hadir dalam acara tersebut, tokoh pendidikan yang juga mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Sopingi dan Kepala SMPN Tanjunganom, Ponco Yuliono.

Hadir pula, komite sekolah, dewan guru, staf dan karyawan, wali murid dan siswa siswi kelas IX.

Dalam kesempatannya, Kepala SMPN 1 Tanjunganom, Ponco Yuliono mengatakan, hari ini, merupakan momentum untuk melepas peserta didik kelas IX untuk dikembalikan kepada orang tua.

“Momen perpisahan ini juga menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi siswa dan para guru yang selama tiga tahun menghabiskan waktu bersama untuk mengajar dan mendidik para siswa,” terangnya.

Prosesi pelepasan

Ponco berpesan kepada seluruh anak didiknya terutama kelas 9 yang akan meninggalkan bangku sekolah, agar melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Pesan dan harapan kami, lanjutkan pendidikan, jangan putus di jenjang SMP, karena kalian adalah generasi harapan bangsa,” pesannya.

Ia juga berharap, usai kelulusan, anak didiknya bisa menjaga nama almamater SMPN 1 Tanjunganom.

“Dimanapun kalian berada, buktikan bahwa kalian pantas menjadi siswa atau alumni SMPN 1 Tanjunganom,” harapnya.

Tokoh pendidikan yang juga mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat memberikan motivasi meraih kesuksesan

Sementara itu, tokoh pendidikan yang juga mantan Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi berkesempatan memberikan motivasi dan inspirasi meraih kesuksesan.

Menurut Kang Marhaen sapaan karib Marhaen Djumadi, bahwa jika ingin menjadi orang sukses ada tiga kunci utama. 

“Pertama, kunci untuk meraih kesuksesan adalah semangat. Sebagai generasi muda, ketika mengerjakan apapun harus tetap semangat,” terang Kang Marhaen.

Kedua, kata Kang Marhaen, untuk kunci kedua agar sukses adalah memuliakan orang tua. Karena doa dan dukungan orang tua yang akan membuat kita sukses.

“Jangan sampai kita berani atau membantah perintah orang tua jika ingin sukses,” ingatnya.

Sedangkan, kunci sukses ketiga, lanjut Kang Marhaen, adalah bermental juara.

“Saya berpesan agar anak-anakku semua tidak mudah putus asa. Kemudian tidak mudah mengeluh, dan tetap berpikir positif,” tandasnya. (Nr)