DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Pj Bupati Nganjuk Berangkatkan Gebyar Pramuka Garuda Anjuk Ladang

Nganjuk, megapos.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63, dan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2024, Kwarcab Nganjuk menyelenggarakan Gebyar Pramuka Garuda Anjuk Ladang, Kamis (1/8/24) yang diawali dengan Parade Pramuka.

Acara Parade Pramuka ini digelar di sepanjang Jalan A Yani hingga finish di depan Pendopo KRT Sosro Koesoemo Pemkab Nganjuk.

Parade Pramuka diikuti oleh lebih dari 7.000 orang dengan rincian peserta : anggota pramuka dari 20 kwarran, 6 satuan karya pramuka , 305 peserta pramuka Garuda, para calon pramuka garuda, anggota Pramuka biasa yang terlibat, para pembina dan para pelatih.

Acara Parade Pramuka kali ini digelar sebagai awal dari rangkaian kegiatan Gebyar Pramuka Garuda Anjuk Ladang sepanjang bulan Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Setelah tahun yang lalu, Kwarcab Nganjuk berhasil menggelar Estafet Tunas Kelapa ke 20 kecamatan, tahun ini Gebyar Pramuka Garuda Anjuk Ladang digelar sebagai sarana menumbuhkan semangat dan motivasi kepada anggota pramuka agar dapat meraih pencapaian tertinggi setiap jenjang pramuka dengan manjadi Pramuka Garuda, sekaligus menumbuhkan semangat bagi pembina dan pelatih untuk menumbuhkan Pramuka Garuda lebih banyak lagi.

“Pramuka adalah salah satu pembentuk karakter bangsa. Dalam rangka menyambut 100 tahun kemerdekaan bangsa ini, kita harus mempersiapkan generasi muda kita menjadi generasi yang unggul, berkarakter dan berdaya saing,” terang Pj Bupati Handoko.

Menurutnya, Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang membentuk karakter sejak dini, dan membentuk generasi yang berkualitas dengan mencetak Pramuka Garuda harus terus didukung.

“Naiknya anggota pramuka yang signifikan di Kabupaten Nganjuk di tahun 2024 harus kita apresiasi,” katanya lagi.

Dikatakan Pj Bupati Handoko, saat ini, berada di generasi Z, pola pendidikan Pramuka juga harus menyesuaikan, skill Pembina juga harus berkembang, sehingga pramuka tidak lagi dianggap organisasi yang jadul.

“Sehingga, hal itu mempengaruhi ketertarikan peserta pramuka. Pramuka berjiwa Pancasila , menjaga NKRI,”  tegas Pj Bupati Handoko sesaat sebelum memberangkatkan Parade Pramuka, dari depan Taman Nyawiji Nganjuk.(**)