DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Kepala Dinkes Nganjuk Buka Kick Off Integrasi Layanan Primer

Nganjuk, megapos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto membuka acara Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Nganjuk, Kamis (8/8/2024) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Nganjuk.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Lestari Rahayu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk, Puguh Harnoto dan Pimpinan USEID Mentari PHC Jawa Timur.

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto menekankan pentingnya integrasi layanan primer sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas.

“Integrasi Layanan Primer ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto saat penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan ILP di Kabupaten Nganjuk

Menurut dr Hendriyanto, Kementerian Kesehatan RI mulai mengintegrasikan dan merevitalisasikan pelayanan kesehatan primer.

“Integrasi pelayanan kesehatan akan terlihat mulai dari pelayanan di Puskesmas sampai ke pelayanan di tingkat desa bahkan dusun,” katanya.

Masih menurut dr Hendriyanto, saat ini Kementerian Kesehatan telah menggulirkan transformasi system kesehatan.
“Terdapat 6 pilar transformasi system kesehatan sebagai penopang kesehatan Indonesia, yaitu transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan kesehatan rujukan, transformasi system ketahanan kesehatan, transformasi system pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan,” terangnya.

Dijelaskannya, ILP merupakan transformasi sistem pelayanan kesehatan primer yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat melalui integrasi pelayanan kesehatan primer.

“Integrasi layanan primer berfokus pada tiga hal yang pertama adalah penerapan siklus hidup, yang kedua fokus dari integrasi layanan, dan yang ketiga memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan perdesa,” urainya.

Ia menegaskan, bahwa ILP ini akan segera diimplementasikan di seluruh puskesmas yang tersebar di Kabupaten Nganjuk pada tahun ini.

“Kami berharap semua puskesmas dapat segera beradaptasi dengan program ini dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tandasnya.

Foto bersama usai pembukaan Kick Off Integrasi Layanan Primer (ILP)

Sementara itu, Ketua Panitia, Agnes Anita menambahkan, acara ini digelar untuk meningkatkan komitmem dari lintas sektor untuk mendukung implementasi integrasi pelayanan primer di Kabupaten Nganjuk.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan koordinasi, advokasi dan komitmen lintas program serta lintas sector dalam implemetasi layanan primer di Kabupaten Nganjuk, meningkatkan kerjasama serta peran dan tanggung jawab lintas sector dalam pelaksanaan layanan primer,” bebernya.

Menurut Agnes Anita, acara Kick Off ILP ini diikuti 150 peserta dari lintas sector, diantaranya Kepala Puskesmas se-Kabupaten Nganjuk, Camat se-Kabupaten Nganjuk,Tim Pokja ILP Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk dan para kader.

Untuk diketahui, dalam acara ini ada dua narasumber, yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto memberikan materi tentang Peran Dinas Kesehatan dalam implementasi ILP dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Puguh Harnoto menyampaikan materi tentang Dukungan Dinas PMD Kabupaten Nganjuk dalam Persiapan Pelaksanaan ILP di Kabupaten Nganjuk.

Kick Off ILP ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan ILP di Kabupaten Nganjuk oleh lintas sector. (Jt)