DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Dinas Koperasi Adakan Bimtek Digital Marketing dan Managemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM

Tulungagung, megapos.co.id –  Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung terus berupaya mendorong pelaku UMKM dan melakukan kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta kapasitas dan kompetensi SDM para pelaku Usaha mikro melalui bimtek pemberdayaan usaha mikro di antaranya pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan serta penguatan kelembagaan bertempat di Liur cafe, Kabupaten Tulungagung, Rabu (25/9/2024).

Acara yang berlangsung selama tiga hari yang dimulai Selasa dan berakhir pada hari Rabu ini, dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung Dr. Slamet Sunarto, M.Si beserta Kabid PPUM Ali Mustakim, S.Sos., MM sekaligus sebagai narasumber.

Adapun 35 peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung, Drs. Slamet Sunarto, M. Si mengatakan, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam perekonomian dan pemerintah memberikan berbagai dukungan untuk mendorong UMKM menjadi lebih baik dari segi pemasaran melalui berbagai bimbingan teknis salah satunya digital marketing dan managemen keuangan yang baik.

“Pelatihan digital marketing serta managemen keuangan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang telah beroperasi di lingkungan masyarakat bahkan sampai pasar global,” katanya.

Selain itu, terangnya, untuk mendukung pemanfaatan IT di tengah perkembangan digital.

“Salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing yang dapat diakses secara online melalui situs website atau aplikasi yang tersediatersedia,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu narasumber dan pendamping koperasi bidang perizinan usaha, Mahmudi menguraikan tentang perlunya pelaku usaha mempunyai izin dan teknisnya.

Tidak hanya itu, ia menilai branding produk yang dihasilkan pelaku UMKM turut mempengaruhi marketing pemasaran agar dapat menarik minat pembeli.

“Produk yang baik yaitu memiliki nilai efektifitas, menjamin keamanan produk, memudahkan pengiriman, mudah dikenali, menyertakan informasi bahan dan izin terkait, desain ergonomis dan perhatian faktor keindahan,” paparnya.

Perlu diketahui para narasumber yang mengisi materi kegiatan pada bimtek ini sesuai jadwal pada hari Selasa – Kamis 24-26 September 2024.

Selasa

1. Dr. Deni Yudiantoro, SAP., SPd., M.M dari UIN Tulungagung dengan materi Manajemen usaha.

2.Dr. Dra Sri Sutrismi, M. M dari UNITA dengan materi managemen keuangan

Rabu

1. Mahmudi tenaga pendamping koperasi dengan materi perizinan usaha

2. Heru Sukoco owner ngaji ngopi dengan materi Digital branding

Kamis

1. Idhar Rusma sanjaya dengan materi foto product

2. Tayang Noerphito dengan materi strategi branding dan motivasi

Di Kesempatan yang sama, Kabid PPUM Ali Mustakim S.Sos., MM berterima kasih kepada para peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan pelatihan ini serta para narasumber yang berkompeten yang menyajikan materi perihal kegiatan bimtek ini.

Ia berharap setelah pelaksanaan kegiatan bimtek ini akan muncul para pelaku usaha mikro yang lain dimana nantinya bisa berkembang dan dapat membangkitkan serta membantu meningkatkan perekonomian di masyarakat.

“hal ini tidak akan terwujud tanpa adanya kolaborasi, dan inovasi dari para pelaku usaha itu sendiri. Untuk itu pihaknya selalu mendukung para pelaku usaha mikro dengan memberikan pelayanan agar pelaku usaha mikro bisa berkembang,” pungkasnya. (Sdr)