DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdik Gelontorkan DAK Fisik

Nganjuk, megapos.co.id– Pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Nganjuk terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu caranya yakni dengan menyiapkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang fisik tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Drs Mohamad Yasin MSi melalui Kasi Sarana Prasarana, Restiyan mengatakan, pada tahun 2020, terdapat 7 lembaga sekolah di tingkat SMPN yang menerima DAK. “Total anggaran mencapai Rp 2.445.000.000,- dan untuk masing-masing lembaga nilainya tidak sama tergantung dengan pengajuan. Jenis kegiatan yang tercover dalam program kegiatan DAK fisik meliputi pembangunan laboratorium IPA, pembangunan ruang kelas baru, rehab ruang kelas dan kamar mandi, dan sebagainya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk lembaga di tingkat SD, kata Restiyan, terdapat 78 SD yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Nganjuk. “Adapun total  anggaran DAK untuk 78 SD yaitu sebesar Rp 12.458.000.000,- dengan beberapa kegiatan  pembangunan diantaranya, pembangunan ruang kelas baru, rehab ruang kelas, pembangunan kamar mandi, pembangunan ruang guru dan perpustakaan,” terangnya.

Ia menegaskan, untuk pembangunan kegiatan tersebut dimulai akhir bulan Juli 2020 dan ditargetkan finish bulan November 2020.

Menurut Restiyan,  DAK fisik ini untuk menunjang proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah seperti SD dan SMP, serta Kegiatan Belajar. Selain itu, juga untuk memperkuat ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta menunjang prestasi akademik.

“Diharapkan pihak sekolah bisa menyelesaikan pembangunan secara swakelola sesuai petunjuk teknis dan tepat waktu serta menjaga kualitas pembangunan,” pungkas Restiyan.

Reporter : Jumiati