DaerahHead Line NewsNgawiPolitik & Pemerintahan

DD Tahun 2023, Pemdes Munggut Alokasikan untuk Pembangukan Saluran Drainase

Ngawi, megapos.co.id – Dana Desa (DD) tahap pertama sudah diterima di semua desa se-Kecamatan Padas  pada khususnya, sehingga tiap desa kembali bisa membangun dengan menggunakan dana desa bersumber dari APBN tersebut.

Meski masih ada desa yang belum cair, diperkirakan dalam minggu ini dana sudah akan cair ke seluruh desa se-Kabupaten Ngawi. 

Adapun DD di Desa Munggut dialokasikan pembangunan saluran drainase. Inilah program fisik selanjutnya setelah sebelumnya pembangunan jembatan telah selesai dikerjakan.

Kades Munggut, Edi Dantoso menuturkan bahwa, DD sudah diterima dan dananya digunakan untuk membangun saluran drainase Desa Munggut yang letaknya berada di Dusun Ngembak 03/04.

“Pembanguna saluran drainase di Dusun Ngembak memang sudah direncanakan, namun baru terlaksana sekarang,” terang Kades Edi.

Hal itu, katanya, dikarenakan Pemerintah Desa Munggut terus didesak warga karena pembangunan tersebut sangatlah penting.

“Maka, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) DD Desa Munggut, Subiyanto proyek pekerjaan drainase ini dilakukan dan tahun ini dimasukkan dalam Program Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD) Desa Munggut,” terangnya.

Menurutnya, desakan masyarakat memang mendasar, karena demi keamanan dan kenyamanan warga masyarakat.

Sementara itu, TPK Desa Munggut, Subiyanto menambahkan, dana yang diserap untuk drainase tersebut sebesar Rp 129.930.000,- dari DD.

“Adapun volume pembangunan drainase dengan panjang sekitar 98.21 m3,” tandasnya.

Dijelaskannya, dengan pembangunan saluran drainase ini, tentu menjadi kebanggan warga masyarakat Desa Munggut.

“Karena secara tidak langsung masyarakat bisa dengan nyaman, dimana letaknya di pinggir jalan dusun yang notabene termasuk jalan ramai yang banyak lalu lalang masyarakat Dusun Ngembak dan sekitarnya,”ujarnya.

Ia berharap, di tahun 2024 nanti bisa dilakukan pekerjaan lanjutan. “Semoga pihak pemerintah Kabupaten Ngawi memperhatikan dan segera mengucurkan anggaran tepat waktu,” tutupnya. (Adv/ Dar).