DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Plt Bupati Tulungagung Maryoto Dilantik Menjadi Bupati Definitif

Tulungagung, megapos.co.id – Plt Bupati Tulungagung Maryoto Birowo akhirnya dilantik menjadi Bupati definitif. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Endar Parawansa, Selasa (13/8/2019).

Dalam pelantikan itu, Kofifah berpesan kepada Maryoto untuk melakukan efisisensi anggaran, dan juga angka kemiskinan dan pengangguran. Sebisa mungkin dipangkas, meskipun saat ini angkanya lebih rendah dibandingkan Provinsi Jawa Timur.

“Angka kemiskinan dan pengangguran terbuka meskipun lebih rendah, Bupati harus bisa memangkasnya lagi,” ujar Gubernur Kofifah, Selasa (13/8/2019).

Kofifah juga menyinggung pembangunan di wilayah selatan, utamanya pembangunan kawasan dengan kerjasama “Tulungagung Raya” yang meliputi kawasan eks Karesidenan Kediri. Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) harus segera diselesaikan pada tahun 2020.

“Pembangunan JLS sebisa mungkin harus selesai pada tahun 2020,” imbuhnya.

Gubernur mengatakan, Bupati diberi kewenangan untuk memindah atau mengangkat pejabat OPD yang kosong meskipun belum 6 bulan dilantik, asalkan ada ijin dari Mendagri.

“Harus ada ijin tertulis dari Mendagri untuk mengangkat pejabat OPD yang kosong untuk memperlancar jalanya pemerintahan,” kata Kofifah.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengamini apa yang dikatakan oleh Gubernur. Pihaknya akan meminta ijin pada Mendagri untuk mengisi jabatan kepala OPD yang kosong di Pemkab Tulungagung. Pasalnya saat ini ada 9 jabatan OPD di Tulungagung yang dijabat oleh Plt. Kepala Dinas.

“Kita akan meminta ijin dari Kemedagri secara tertulis untuk boleh mengangkat kepala OPD yang kosong,” kata Maryoto.

Disinggung masalah JLS, jalan yang menjadi tanggungan Tulungagung tinggal sedikit, dari 43 km saat ini sudah terbangun sepanjang 29 km. Untuk pembangunan kawasan “Tulungagung Raya” pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala daerah lainya.

Pelantikan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Jatim, Kepala OPD tingkat Provinsi, Forkopimda Tulungagung dan Kepala OPD Tulungagung. Dalam pelantikan ini juga dilantik ketua PKK Tulungagung dan Ketua Dekranasda Tulungagung.

Reporter : Agus Budiyanto

Editor : M. Hartono