BanyuwangiDaerahHead Line NewsSeni Budaya & Pariwisata

Wisata Pantai Cacalan Semakin Rusak, Kurang Perhatian dan Kepedulian Pemerintah

Banyuwangi, megapos.co.id – Tempat wisata pantai Cacalan sudah lama dikenal masyarakat Banyuwangi yang berada di lingkungan Sukowidi Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

Dari pantauan www.megapos.co.id, Sabtu (28/9/2019), sebelumnya pantai Cacalan terlihat indah, bersih, sarana dan prasana tertata seperti layaknya wisata pantai lainnya. Namun saat in,i wisata pantai Cacalan terlihat rusak dan lahannya semakin menyempit terkena abrasi, pemandangan di sekitar pantai kurang indah, lahan pakir pantai Cacalan semakin menyempit dikarenakan bibir pantai semakin hari semakin habis terkikis air laut, kenyamanan wisata pantai Cacalan tidak seindah dulu.

Nurhujani, penasihat Pokdarwis mengatakan, pada saat Festival Pesisir Pantai Cacalan pada 27 Agustus 2019 yang lalu dimana Bupati Banyuwangi Anas hadir dan melihat langsung kondisi pantai Cacalan yang terkena abrasi.

“Saat itu juga, Bupati Anas meminta kepada Kabag Pembangunan Pemkab Banyuwangi, Partana untuk segera disiapkan anggaran terkait pembuatan tangkis awal di sisi selatan maupun sisi utara, dan sudah ditindak lanjuti ke Dinas PU Kabupaten Banyuwangi,” ungkap Nurhujani.

Sementara itu, Yudi wakil ketua Pokdarwis mengatakan bahwa wisata yang berada di Banyuwangi adalah aset daerah yang harus diperhatikan dan dikembangkan. “Tetapi kenyataannya wisata pantai Cacalan sampai saat ini tidak ada dukungan serta kepedulian dari pemerintah daerah untuk membenahi abrasi di bibir pantai, sehingga wisata pantai Cacalan tidak terawat lagi, kami pihak pokdarwis sudah berupaya mengajukan surat permohonan dukungan melalui anggaran pemerintah untuk bisa membenahi bibir pantai agar tidak terkikis air laut,” kata Yudi.

“Kami anggota pokdarwis sering kali  menanyakan kelanjutan pengajuan surat kami agar bisa teralisasi tapi belum ada tanggapan sampai saat ini dan kami pun hanya bisa menunggu kepedulian dan kebijakan dinas terkait,”  ungkapnya.

Menurutnya, pokdarwis dan warga lingkungan Sukowidi hanya bisa melakukan kerja bakti dan bergotong royong melalui bersih-bersih pinggir pantai, dan membenahi kerusakan serta kekurangan sarana dan prasarana dengan kemampuan dan seadanya.

“Kami sangat mengharap pemerintah daerah untuk kepeduliannya dan  memperhatikan nasib wisata pantai Cacalan ke depan agar bisa menjadi wisata yang betul betul menjadi tempat wisata yang layak,”  pungkas Yudi.

Reporter : Budiyono

Editor : M. Hartono