DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Masyarakat Desa Ngunut Antusias Kerjakan Program PKT

Pacitan, megapos.co.id – Dengan keterbatasan dana yang dikelola oleh Pemerintah Desa Ngunut Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan, seluruh masyarakat bisa menerima, meski kegiatan insfrastruktur tidak bisa merata dalam 1 tahun anggaran.

Demikian pula dengan program PKT (Padat Karya Tunai) yang anggarannya bersumber dari 30 persen Dana Desa (DD) bidang insfrastruktur tahun 2019. “Meskipun dengan minimnya dana dan letak geografis di atas perbukitan, seluruh warga dusun yang mendapatkan program tersebut antusias untuk mengerjakan kegiatan itu,” ujar Kusnan, Kepala Desa Ngunut kepada Mega Pos, Jumat (3/4/2020).

Sebagai kepala desa baru, kata Kusnan, dirinya harus banyak belajar dari berbagai golongan agar tidak ada perbedaan persepsi, baik di dalam pemerintahan desa maupun di kalangan masyarakat. “Bahkan secara bahu membahu antara TPK dan pemerintah desa sangat harmonis hingga selesainya kagiatan tersebut,” jelasnya.

‌Diketahui, dusun atau wilayah penerima kegiatan tersebut dikerjakan oleh seluruh warga masyarakat setempat, sehingga rasa memiliki sangatlah terasa dan dengan penuh tanggung jawab. Bahkan warga rela untuk menyerahkan sebagaian tanahnya untuk pelebaran jalan. “Jadi kerukunan warga sangat nampak dalam menerima dan mengerjakan kegiatan ini,” imbuh Kusnan.

Dijelaskan, dirinya selalu memantau dan mengawasi kegiatan bersama Sasongko  bendahara desa yang selama ini selalu membuat kurva kegiatan, sehingga kegiatan dan spj-nya selalu singkron. “Hal ini kami lakukan dengan harapan semua program bisa berjalan sesuai rencana, dan aturan yang berlaku. Kegiatan ini akan dievaluasi oleh pemerintah desa agar tidak terjadi masalah di kemudian hari,” urai Kusnan

Di sisi lain, Kusnan sangat berterima kasih kepada semua pihak, terutama tim pengelola kegiatan (TPK) dan warga Desa Ngunut yang telah melakukan kegiatan guna memajukan desa. “Dengan bersinergi dan saling membantu serta bahu membahu, kegiatan berjalan sukses,” tuturnya. (Adv/Pemdes Ngunut)

Reporter : Addy MG

Editor : M. Hartono