DaerahHead Line NewsHukum & KriminalNganjuk

Kapolsek Loceret : Operasi Yustisi Harus Dengan Pendekatan yang Humanis

Nganjuk, megapos.co.id – Polsek Loceret Polres Nganjuk menggelar Operasi Yustisi protokol kesehatan (Prokes), Rabu (11/11/2020). Kegiatan yang dipimpin Kanit Sabhara Polsek Loceret IPDA Edy Suwanda ini secara humanis mengajak warga patuhi protokol kesehatan Covid – 19.

Dalam operasinya, petugas memberikan himbauan kepada masyarakat agar wajib menggunakan masker bila keluar rumah. Untuk mendisiplinkan warga yang tidak menggunakan masker, petugas langsung memberikan teguran lisan.

Kapolsek Loceret IPTU Laksono Setiawan SH mengatakan, untuk mendisiplinkan diri pada warga, Presiden mengeluarkan Inpres Nomor 06 tahun 2020 untuk mengajak masyarakat disiplin mengikuti himbauan mentaati protokol kesehatan guna mencegah dan memutus rantai penulara virus Covid – 19.

“Untuk mengakhiri pandemi Covid – 19 yang tak kunjung selesai ini, maka dibentuklah tim penindak pada warga yang melanggar protokol kesehatan dengan nama tim Yustisi,” terang IPTU Laksono Setiawan.

Dalam praktiknya, katanya, Tim Yustini  ini melakukan tindakan dengan humanis dan secara kekeluargaan bahkan membagi dan memasangkan masker pada warga yang tidak memakai sehingga dengan tindakan seperti itu timbul kesadaran akan menjalankan dan ikut mengkampanyekan pakai masker pada keluarga dan warga sekitarnya sehingga tujuan pemerintah tepat sasaran pada masyarakat sampai lapisan bawah.

“Inovasi seperti ini memang kita butuhkan, meski awalnya Tim Yustisi ini kesannya menakutkan dengan tindakan denda yang besarannya cukup tinggi bahkan tindakan sosial bisa membuat warga malu sehingga timbul rasa jengkel,” imbuhnya lagi.

Namun, kata IPTU Laksono Setiawan, dengan secara humanis seperti yang dilakukan tim yang dipimpin IPDA Edy Suwanda ini diharapkan bisa menimbulkan kesadaran dari masyarakat sendiri.

Reporter : Jumiati