DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Ir Mindo Sianipar Serap Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir Mindo Sianipar melaksanakan serap aspirasi masyarakat Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tahun 2022, Sabtu (8/10/2022) di Rumah Aspirasi, Desa Gejagan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Acara ini diikuti 150 peserta, terdiri anggota kelompok tani, gabungan kelompok tani, tokoh masyarakat, sejumlah kepala desa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota Komisi IV DPR RI, Ir Mindo Sianipar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk, Ir Muslim Harsoyo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Nganjuk, Judi Ernanto SPi MM dan Kepala Desa Gejagan, Dedi Nawan.

Suasana serap aspirasi masyarakat yang digelar Anggota Komisi IV DPR RI, Ir Mindo Sianipar di Rumah Aspirasi, Desa Gejagan, Kecamatan Loceret

Dalam kesempatan itu, anggota Komisi IV DPR RI, Ir Mindo Sianipar mengatakan acara ini dilakukan untuk melaksanakan program MPR RI yaitu Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) dengan menghadirkan peserta perwakilan dari tokoh masyarakat dan kelompok tani di Kabupaten Nganjuk.

“Sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Nganjuk, saya perlu untuk turun ke bawah dan berbicara langsung dengan masyarakat serta harus mendengar suara dan aspirasi mereka,” ungkap Mindo sapaan akrab Ir Mindo Sianipar.

Politisi PDI Perjuangan  dari Dapil Jatim VIII  ini, mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan amanah dari lembaga MPR RI untuk mewajibkan turun ke Dapil menemui konstituen dalam rangka jaring aspirasi dan dengar pendapat masyarakat.  

“Menjadi anggota DPR RI selain mengemban amanah rakyat juga mengemban sumpah jabatan. Karena itu sebagai anggota DPR RI yang dipilih oleh masyarakat Nganjuk, senantiasa berusaha dan berjuang demi kepentingan rakyat dan daerah yang menjadi dapil saya,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia yang juga Kepala Desa (Kades) Gejagan, Dedy Nawan mengatakan, acara ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya untuk menyampaikan aspirasi atau keluhan kepada wakil rakyat yang ada di DPR RI khususnya Dapil VIII ini.

“Di Kabupaten Nganjuk, Pak Mindo sangat konsen memperjuangkan aspirasi petani Nganjuk, salah satunya dengan memberikan bantuan baik berupa program maupun alat pertanian kepada petani Nganjuk,” ujarnya.

“Saya berharap, perjuangan dari Pak Mindo ini, bisa membawa berkah dan manfaat bagi petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan,” harapnya.

Dalam forum yang digelar secara terbuka tersebut, banyak aspirasi yang disampaikan kalangan petani maupun PPL. Antara lain, terkait berbagai permasalahan yang sering menjadi momok bagi petani.

Purnowo dari Kelompok Tani Margo Makmur, Desa Campur, Kecamatan Gondang berharap, padi MSP bisa dikembangkan lagi di kecamatan lain.

“Panen dari padi MSP ini, hasilnya sangat luar biasa. Bahkan, dari kabupaten lain ingin mengembangkan padi MSP ini,” tandasnya.

Aspirasi juga disampaikan oleh Joko P, PPL Kecamatan Ngluyu. Ia berharap, ada bantuan alsintan seperti elevator untuk menunjang produksi pertanian bagi petani di Kecamatan Ngluyu.

“Kami dari teman-teman PPPK juga berharap, agar ada solusi terkait regulasi kenaikan pangkat dan jabatan bagi PPPK,” harapnya.

Sedangkan Sudarto dari Kelompok Tani Rukun Tani, Desa Balongrejo, Kecamatan Bagor mengeluhkan masalah pupuk.

“Saat ini, pemerintah memangkas bantuan pupuk bersubsidi, sedangkan petani dituntut untuk meningkatkan produksi pertanian,” keluhnya.

Bahkan, katanya, ketika musim tanam, pupuk sulit didapatkan.

“Untuk itu, saya berharap, ada kebijakan atau regulasi yang jelas terkait masalah pupuk agar petani tidak kesulitan mendapat pupuk ketika musim tanam,” harapnya.

Reporter : Jumiati