DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Purnawidya 3 Tahun Belajar di SMA Negeri 1 Rejoso, Penguatan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

Nganjuk, megapos.co.id – Menandai telah selesai mengikuti pendidikan selama tiga tahun di bangku sekolah, SMA Negeri 1 Rejoso menggelar acara Purnawidya 3 Tahun Belajar di SMA Negeri 1 Rejoso. Kegiatan ini digelar di halaman sekolah, Kamis (2/5/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Rejoso Dra Lilik Wudiastutik MM, Ketua dan Pengurus Komite Sekolah, tenaga pendidik, dan siswa siswi kelas XII serta orang tua wali murid.

Kirab siswa siswi kelas XII yang didampingi wali kelas saat memasuki lokasi acara

Acara Purnawidya ini diawali dengan kirab siswa siswi kelas XII yang didampingi masing-masing wali kelas memasuki lokasi acara. Mereka tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara.

Kepala SMA Negeri 1 Rejoso, Dra Lilik Wudiastutik MM mengatakan pihaknya sengaja mengambil tema hari pendidikan nasional tahun 2019 yaitu “Penguatan Pendidikan Memajukan Kebudayaan” karena bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2019.

Pelepasan burung merpati oleh Kepala SMA Negeri 1 Rejoso dan Komite Sekolah

Sebagai upaya penguatan pendidikan memajukan kebudayaan, terang Lilik, pihaknya mengimplementasikan dengan pembiasaan memakai baju tradisional dan menggunakan bahasa daerah bagi seluruh tenaga pendidik dan tata usaha yang diterapkan setiap hari Kamis di minggu pertama.

“Selain itu, pembiasaan salim dilakukan anak didik kita ketika bertemu bapak ibu guru. Hal ini merupakan salah satu wujud penguatan pendidikan memajukan kebudayaan,” ungkap Lilik.

Kepala SMA Negeri 1 Rejoso, Dra. Lilik Wudiastutik, MM saat memberikan sambutan

Ia menegaskan bahwa bertepatan dengan momentum hari pendidikan nasional tahun 2019 ini, pihaknya komitmen memperkuat pendidikan yang berkualitas sekaligus memajukan kebudayaan  agar mampu bersaing di era globalisasi ini. “Saya berharap lulusan SMA Negeri 1 Rejoso dengan bekal yang dimiliki selama menempuh pendidikan tiga tahun di bangku sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah lain,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Lilik juga menyampaikan apresiasi kepada siswa siswi kelas XII yang mampu menorehkan prestasi baik bidang akademis maupun non akademis. “Sampai hari ini terdapat 52 siswa yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri,” tegasnya.

“Ini prestasi luar biasa, saya sangat berterima kasih dan bangga kepada anak-anakku semua. Tentunya, prestasi ini tak lepas dari pengorbanan bapak ibu guru dan segenap komite sekolah yang telah mendampingi dan membimbing anak didik kita,” tambahnya.

Penyerahan hadiah kepada King dan Queen SMA Negeri 1 Rejoso Tahun 2019

Ia juga berpesan kepada seluruh siswa siswi kelas XII untuk terus belajar. “Lulus bukan berarti selesai belajar akan tetapi masih banyak hal yang harus kita kejar untuk meraih cita-cita. Ukirlah prestasi dimana saja kalian berada karena prestasi yang kamu raih kelak akan mengangkat almamater sekolah tercinta ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di tengah-tengah acara Purnawidya tersebut, juga dilakukan pemilihan King dan Queen SMA Negeri 1 Rejoso Tahun 2019 khusus bagi kelas XII. Pemilihan King dan Queen tersebut dilakukan oleh siswa siswi kelas XI dan X secara diam-diam selama pelaksanaan acara Purnawidya berlangsung.

Setelah melalui pemilihan dan mendapatkan rekomendasi dari bapak ibu guru, King SMA Negeri 1 Rejoso Tahun 2019 di raih oleh Maulana Afif siswa kelas XII IPS 4, sedangkan Queen SMA Negeri 1 Rejoso Tahun 2019 disabet oleh Dwi yuli siswa kelas XII IPA 1.

Reporter : Jumiati