DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Kadis PUPR Nganjuk Buka Uji Kompetensi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan Madya, Gedung Madya dan Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Distribusi SPAM

Nganjuk, megapos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, Drs Gunawan Widagdo MSi membuka Uji Kompetensi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan Madya, Pelaksana Pekerjaan Gedung Madya dan Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Distribusi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tahun 2023.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini digelar di Aula Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Senin (13/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Drs Gunawan Widagdo MSi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan uji kompetensi tenaga terampil yang berkompeten di bidang pelaksana lapangan pekerjaan jalan madya, pelaksana pekerjaan gedung madya dan pelaksana konstruksi bangunan unit distribusi SPAM di Kabupaten Nganjuk.

Kadis PUPR Kabupaten Nganjuk foto bersama peserta uji kompetensi

“Untuk itu, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk memerlukan dukungan dan partisipasi dari semua komponen yang berhubungan dengan jasa konstruksi, khususnya dari kalangan pelaku usaha di bidang jasa konstruksi,” ungkap Gunawan sapaan akrab Drs Gunawan Widagdo MSi.

Ia berharap kepada peserta uji kompetensi dari asosiasi jasa konstruksi agar dapat meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi.

“Saya juga berharap, khususnya kepada para pelaku jasa konstruksi dapat lebih mengetahui dan menambah wawasan dalam upaya mewujudkan rangkaian proses pekerjaan konstruksi yang berkualitas baik dari awal pekerjaan sampai dengan diserahterimakannya hasil pekerjaan,” bebernya.

Pembina Jasa Konstruksi Ahli Muda, Eka Sasana Utama menambahkan, uji kompetensi untuk pelaksana konstruksi bangunan unit distribusi SPAM ini, perdana dilakukan di Jawa Timur.

Pembina Jasa Konstruksi Ahli Muda, Eka Sasana Utama

“Jadi, Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk merupakan satu-satunya OPD di Jawa Timur yang pertama mengadakan uji kompetensi untuk pelaksana konstruksi bangunan unit distribusi SPAM,” terangnya.

Dijelaskan Eka, untuk hari pertama, Senin (13/2/2023), sasaran uji kompetensi untuk Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan Madya dan Pelaksana Pekerjaan Gedung Madya.

“Sedangkan hari kedua, Selasa (14/2/2023), uji kompetensi untuk Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Distribusi SPAM,” imbuhnya.

Diakui Eka, saat ini, sertifikasi tenaga pelaksana konstruksi di Kabupaten Nganjuk masih sangat kurang.

Untuk itu, lanjut Eka, dengan kegiatan uji kompetensi hari ini, sangat mendukung untuk peningkatan SDM tenaga pelaksana konstruksi.

“Sehingga, harapannya, pekerjaan konstruksi bisa dikerjakan oleh tenaga pelaksana dari Nganjuk sendiri dan tidak mengambil tenaga pelaksana dari luar Nganjuk,” tandas Eka.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta asosiasi jasa konstruksi, dengan mendatangkan Asesor dari Tim LSP Astekindo Jawa Timur.


Reporter : Jumiati