DaerahHead Line NewsNganjukPendidikan

Dua Siswi SMKN 1 Nganjuk Raih Juara 1 LKS Tingkat Provinsi, Bupati dan Kacabdin Wilayah Nganjuk Beri Motivasi

Nganjuk, megapos.co.id – Luar biasa, prestasi kembali ditorehkan oleh siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Nganjuk. Kali ini, dua siswinya meraih juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Jawa Timur bidang lomba Cad Building Information Modelling yang digelar di Kabupaten Jember pada tanggal 22 – 25 Mei 2023 lalu.

Mereka adalah Putri Devi Agustin dan Arlinda Puspitasari, masing-masing kelas XII dari kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).

Kepala SMKN 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd bersyukur, hari ini, anak didiknya mendapatkan motivasi dari Bupati Nganjuk dan Kacabdin Wilayah Kabupaten Nganjuk.

Kepala SMKN 1 Nganjuk, Drs Heru Hertanto MPd

“Usai bapak ibu guru, kepala sekolah dan MKKS memberikan motivasi, kini tiba waktunya bapak Bupati Nganjuk dan ibu Kacabdin memberikan motivasi kepada anak-anak kami yang akan berjuang dan bertanding di ajang LKS tingkat nasional,” terang Heru saat memberikan sambutan dalam acara pembekalan dan motivasi kepada para juara LKS ke-31 tingkat Provinsi Jawa Timur, Kamis (8/6/2023) di Aula SMK Negeri 1 Nganjuk.

Ia meyakini, dengan motivasi dari kedua tokoh pendidikan di Kabupaten Nganjuk ini, anak didiknya terpacu dan termotivasi untuk siap mengikuti LKS tingkat nasional dan tentunya siap untuk menjadi juara.

“Untuk itu, saya mohon dukungan dan support serta doa restu dari bapak bupati dan ibu Kacabdin agar anak-anak kami bisa meraih juara di tingkat nasional atau bahkan di tingkat internasional,” harapnya.

Diakui Heru, kesuksesan anak-anak SMKN 1 Nganjuk ini, tak lepas dari kerja keras dan perjuangan guru-guru hebat yang selalu membimbing anak didiknya.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi saat menyerahkan reward kepada dua siswi SMKN 1 Nganjuk juara 1 LKS SMK tingkat provinsi Jawa Timur

“Keberhasilan ini, juga tak lepas bagaimana kita selalu berkoordinasi dengan guru, cabdin, MKKS dan bagaimana kita merangkul siswa. Hal ini terbukti, kita mampu meraih prestasi ini,” tandasnya.

Masih menurut Heru, tahun ini, SMKN 1 Nganjuk berhasil menorehkan prestasi dengan ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) yaitu program keahlian Geomatika dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).

“Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMKN 1 Nganjuk mampu membuktikan keunggulannya dengan diraihnya juara 1 Lomba LKS SMK tingkat Provinsi Jawa Timur bidang lomba Cad Building Information Modelling,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi memberikan motivasi kepada para juara LKS SMK tingkat provinsi untuk meraih kesuksesan.

Menurut Kang Marhaen, Nganjuk itu filosofinya luar biasa yang berasal dari Anjuk Ladang. Anjuk artinya kemenangan dan ladang itu artinya tanah.

“Jadi, Anjuk Ladang itu tanah kemenangan. Hal ini berarti orang yang lahir dari Nganjuk artinya ia lahir dari tanah kemenangan,” tandasnya.

Karena itu, kata Kang Marhaen, masyarakat Nganjuk sebenarnya mempunyai DNA pemenang.

“DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Kang Marhaen, sebagai generasi muda harus berani bermimpi dan berani mencoba untuk mencapai kesuksesan.

“Jika ingin sukses, kalian harus berani bermimpi karena mimpi adalah cetak biru dari kenyataan,” ujar Kang Marhaen.

Selain itu, kata Kang Marhaen, anak-anak Nganjuk harus memiliki mental juara dan mental tangguh.

“Jadilah anak yang bermental juara dan bermental tangguh. Karena dengan memiliki mental juara akan mengantarkan kita kepada kesuksesan,” tukasnya.

Sementara itu, Kacabdin Wilayah Kabupaten Nganjuk, Evi Dwi Widajanti memberikan semangat kepada para juara LKS ke-31 Tingkat Provinsi Jawa Timur untuk terus berjuang.

“Anak-anakku teruslah berjuang dan jangan berhenti sampai di sini, karena Oktober 2023 mendatang kalian akan berjuang di tingkat nasional,” seru Evi.

Dijelaskannya, LKS tingkat provinsi merupakan ajang untuk menampilkan inovasi dan kreatifitas siswa sesuai kompetensi keahlian siswa tersebut. Bagi kontingen yang menjadi juara satu tingkat provinsi, akan secara langsung mengikuti LKS nasional.

“Bagi para pemenang atau juara satu tingkat provinsi akan mengikuti LKS tingkat nasional pada Oktober 2023 mendatang,” ujarnya.

“Saya minta Kepala Sekolah dan guru pendamping untuk tetap semangat, terus memberikan motivasi, terus melatih siswa SMK dan harus optimis bisa memberi yang terbaik bagi Kabupaten Nganjuk,” terangnya.

Reporter : Jumiati